Info Populer 2022

3 Peluang Perjuangan Kuliner Rumahan Modal Rp 5 Juta Dan Analisis

3 Peluang Perjuangan Kuliner Rumahan Modal Rp 5 Juta Dan Analisis
3 Peluang Perjuangan Kuliner Rumahan Modal Rp 5 Juta Dan Analisis
Memulai sebuah perjuangan yang menguntungkan ternyata tidak selalu bermodal besar. Menjalankan sebuah perjuangan juga sanggup maksimal hanya dengan budget sekitar Rp 5 jutaan saja. Hal tersebut sanggup terjadi alasannya yaitu pemilik perjuangan juga harus sanggup memperhitungkan modal awal perjuangan mereka seminimal mungkin dengan keuntungan yang sebesar-besarnya. Modal tersebut ternyata tidak hanya untuk modal usaha, tapi juga untuk kegiatan promosinya.

Salah satu jenis perjuangan yang sanggup dijalankan dengan modal sebesar itu yaitu perjuangan masakan rumahan. Beberapa usaha kuliner rumahan berikut ini layak untuk Anda jalankan menyerupai dikutip dari Cermati.com:
  • 1. Usaha Katering Rumahan
Usaha katering tampaknya menjadi perjuangan yang tidak pernah sepi peminatnya. Beberapa kegiatan besar menyerupai rapat kantor, program khitanan, biasanya membutuhkan jasa katering. Bagi anda yang merasa ini peluang perjuangan yang bagus, berikut ini yaitu estimasi perhitungan keuntungan dari perjuangan katering rumahan ini:

Katakanlah 1 porsinya yaitu Rp 15 ribu pelanggan kita sanggup mendapat nasi putih, sayur capcay, ayam goreng kremes, bakmi goreng, sambal, kerupuk dan juga Buah.

Untuk program khusus, rupanya pesanan dibentuk untuk 100 orang, dan harga jual per porsinya yaitu Rp 20 ribu, untuk desert-nya disajikan kue-kue pasar sebanyak 3 tampah, harga per tampahnya Rp 200 ribu.

Baca Juga : Tips Fokus Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

Maka total pemasukan yang sanggup didapat:
Memulai sebuah perjuangan yang menguntungkan ternyata tidak selalu bermodal besar 3 Peluang Usaha Kuliner Rumahan Modal Rp 5 Juta dan Analisis100 x Rp 20 ribu = Rp 2 juta
3 x Rp 200 juta = Rp 600.000
Total pemasukan = Rp 2,6 juta

Sementara pengeluarannya Rp 15 ribu per porsi dan mengambil keuntungan Rp 30 ribu per tampah dari kuliner ringan manis pasar, maka keuntungan yang sanggup didapat:
Rp 2,6 juta – (Rp 15 ribu x 100)+ (Rp 600 ribu – Rp 30 ribu x 3)
Rp 2,6 juta- Rp 2,01 juta
Labanya Rp 590 ribu

  • 2. Usaha Membuat Bento Box
Istilah Bento ini berasal dari bahasa Jepang yang artinya bekal makanan. Di Jepang mungkin setiap orang sudah terbiasa membawa bekal dari rumah sebelum pergi beraktifitas. Dari segi usaha, perjuangan bento mungkin menyerupai dengan katering, hanya sasaran pasarnya bukan acara-acara besar menyerupai katering, namun lebih ke individu itu sendiri.

Misalnya, kita akan menjual Bento Box untuk anak-anak, Ini merupakan tantangan tersendiri, alasannya yaitu menjual bento untuk anak, memerlukan sesuatu yang unik dan menarik semoga anak tidak merasa bosan. Berbeda dengan bento untuk karyawan, mungkin yang lebih diutamakanya yaitu sajian bentonya itu sendiri.

Bento Box untuk anak biasanya berisi nasi, sayur, lauk, kerupuk dan buah. Harga satu set bento box Rp 15 ribu. Anda sanggup menjualnya dengan harga Rp 25 ribu. Ambil keuntungan minimal Rp 10 ribu.

Usaha bento box ini sanggup berlangsung lama, asalkan menampilkan sajian kuliner yang berbeda-beda paling tidak setiap minggunya, serta tetap menjaga kualitas masakan serta kebersihanya. 

Baca Juga : 10 Contoh Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner Menguntungkan

  • 3. Usaha Makanan Olahan
Makanan olahan juga salah satu  makanan yang selalu dicari oleh sebagian orang, terutama orang Indonesia. Ada aneka macam macam kuliner olahan yang  bisa dijadikan cemilan sehari-hari yang rasanya enak. Beberapa pola kuliner olahan yang cukup terkenal yaitu keripik singkong, keripik buah, kuliner ringan manis tradisional, roti dan kuliner ringan manis kering.

Misalnya anda menentukan untuk menciptakan keripik singkong, dengan materi baku 5 kilogram (kg) singkong dengan harga Rp 15 ribu dan per kilo nya seharga Rp 3.000. Setelah diolah, ternyata menghasilkan 8 plastik keripik dalam kemasan 1 kilogram. Katakanlah harga jualnya Rp 10 ribu, maka keuntungan yang diperoleh:

Harga jual per kemasan Rp 10 ribux8 = Rp 80 ribu
Biaya materi baku                            =  Rp 15 ribu
Keuntungan                                     = Rp 65 ribu
Advertisement

Iklan Sidebar