Info Populer 2022

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa
Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa
Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa - Tidak terlepas dari artikel sebelumnya tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh frasa. Kali ini materi4belajar akan membahas tentang pengertian klausa, ciri-ciri klausa, dan tentunya contoh klausa lengkap dengan pembahasannya.

Seperti yang kita ketahui, Klausa adalah satuan gramatikal yang terdapat dalam sebuah tata bahasa. baik itu bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Klausa sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan clause, dan memiliki pengertian, ciri-ciri, dan contoh yang tidak berbeda dengan klausa bahasa indonesia.
Baca Juga : Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Dan Contoh Frasa
Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Struktur Dan Contoh Klausa

 Tidak terlepas dari artikel sebelumnya tentang  Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa
Baikah langsung saja kita menuju pembahasan yakni pengertian klausa, ciri-ciri kalusa dan contoh klausa yang bertujuan agar kita dapat lebih memahami apa itu klausa lengkap dengan strukturnya.

Pengertian Klausa

Seperti yang saya terangkan di atas bahwa Klausa adalah sebuah satuan grammatikal yang terdapat dalam tata bahasa, Klausa memiliki susunan kata melebihi frasa namun kurang lengkap untuk menjadi sebuah kalimat. Klausa memiliki bentuk berupa kelompok kata yang setidaknya terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat (S &P), Dan memiliki potensi untuk menjadi suatu kalimat. Mengapa klausa memiliki potensi untuk menjadi sebuah kalimat? karena sebenarnya klausa tidak jauh berbeda dengan sebuah kalimat, Hanya saja klausa tidak memiliki intonasi akhir yang menjadi ciri khusus sebuah kalimat.

Dalam konstruksinya yang terdiri atas S dan P klausa dapat disertai dengan O, Pel, dan Ket, ataupun tidak. Dalam hal ini, unsur inti klausa adalah S dan P. tetapi, dalam praktiknya unsur S sering dihilangkan. Misalnya dalam kalimat majemuk (atau lebih tepatnya kalimat plural) dan dalam kalimat yang merupakan jawaban. (Ramlan 1987:89). Misalnya :

Struktur Klausa

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa klausa adalah kalimat yang tidak sempurna yang disusun dan memiliki setidaknya satu subjek dan satu predikat. Sebenarnya Klausa juga dapat memiliki Objek pelengkap dan kata keterangan. Namun dalam penggunaanya penggunaan subjek dalam klausa sering tidak digunakan. misalkan dalam sebuah kalimat majemuk (kalimat plural).

Ciri-Ciri Klausa

Sama seperti frasa, tentunya klausa juga memiliki ciri-ciri yang berfungsi untuk membantu kita mengidentfikasinya. ciri-ciri klausa adalah :

  1. Dalam sebuah klausa hanya terdapat satu predikat saja dan tidak lebih.
  2. Klausa dapat berubah menjadi sebuah kalimat jika diimbuhi intonasi akhir.
  3. Klausa merupakan bagian dari sebuah kalimat jika kalimat itu adalah kalimat plural.
  4. Klausa bersifat meluas jika ditambahkan dengan atribut-atribut khusus yang belum terdapat pada klausa tersebut.

Jenis-Jenis Klausa

Berdasarkan jenisnya klausa dapat dibagi menjadi 4 jenis yakni :

  1. Berdasarkan kelengkapan unsurnya : Klausa tidak lengkap dan klausa lengkap
  2. Berdasarkan sifat predikat : Klausa positif dan klausa negatif
  3. Berdasarkan kategori predikat : Klausa verbal dan klausa non-verbal
  4. Berdasarkan kemapanannya : Klausa mandiri dan Klausa Tergabung

Contoh Klausa

Setelah kita memahami pengertian klausa, ciri-ciri klausa dan jenis klausa sekarang saatnya kita membaca dan menyimak contoh klausa dibawah ini :

  1. Kondisinya sudah membaik.
  2. Rumah itu sangat mewah.
  3. Mobil itu sangat baru.
  4. Sudah baik keadaanya.
  5. Sangat mewah rumah itu.
  6. lapar sekali hari ini.
  7. keadaan akan baik-baik saja.
  8. bekerja sambil berjalan-jalan.
  9. berlibur itu sangat menyenangkan.
  10. makan makanan mewah.

sekian artikel kali ini tentang pengertian klausa, ciri-ciri, dan contoh klausa. semoga dengan memahami klausa dapat menambah ilmu dan wawasan kita. terimakasih.

Advertisement

Iklan Sidebar