Info Populer 2022

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh
Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh
Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh -Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi klasifikasi hasil observasi atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Teks laporan hasil observasi termasuk kedalam jenis teks laporan yang bersifat secara umum (Universal). Teks laporan observasi pada umumnya berkaitan dengan pengelompokan suatu hal yang diobservasi sesuai dengan ciri-ciri dan jenisnya. Teks hasil observasi juga menjembatani hubungan yang terjadi antara suatu kelas jenis dengan sub-kelasnya.

Para ahli menafsirkan bahwa pengertian teks laporan hasil observasi adalah teks yang bersikan tentang sebuah rangkuman atau laporan dari hasil sebuah pengamatan atau observasi yang dikemas kedalam bahasa baku maupun tidak baku tergantung pada tingkat laporan itu sendiri.

Sama seperti teks pada umumnya, teks laporan hasil observasi tentunya memiliki pengertian, struktur teks, dan ciri-ciri yang dapat kita pelajari. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara dalam tentang pengertian teks laporan hasil observasi lengkap dengan struktur, ciri-ciri, dan contoh teks laporan hasil observasi.

bagi sebagian siswa yang baru menduduki bangku smp atau sma dan langsung mendapatkan tugas observasi tentu akan merasa kebingungan tentang cara menyusun teks laporan hasil observasi ini. Didalam materi teks laporan hasil observasi kita dapat membaginya menjadi beberapa sub materi yakni pengertian teks laporan hasil observasi, struktur, dan ciri-ciri serta contohnya.

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi klasifikasi hasil observasi atau pene Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Teks laporan hasil observasi umumnya dijumpai pada jenjang sekolah terutama SMA dan SMK. murid-murid SMK biasanya menggunakan menyusun laporan hasil observasi guna memenuhi tugas kunjungan industri. sedangkan murid SMA umumnya menyusun laporan hasil observasi untuk memenuhi tugas penelitian.

Pegertian Teks Laporan Hasil Observasi

Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa teks laporan hasil observasi merupakan jenis teks yang termasuk dalam teks laporan dan digunakan untuk menyampaikan hasil dari suatu kegiatan observasi maupun penelitian.
Baca Juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks laporan hasil obserasi memuat bagian-bagian yang digunakan sebagai acuan untuk membuat laporan hasil observasi.
  • Pernyataan umum: pernyataan umum merupakan pengantar dari laporan hasil obserasi yang berisi tentang klasifikasi dan pengertian dari apa yang akan diobservasi.
  • Penjelasan rinci: berisikan penjelasan secara rinci dari masing-masing paragraf.
  • Penjabaran manfaat: Berisi penjelasan manfaat dari observasi dan objek observasi.
  • Penutup: merupakan hasil konklusi atau kesimpulan dari hasil observasi.
Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki tiga ciri-ciri khusus yakni:
  1. Bersifat secara umum.
  2. Lebih menekankan pengelompokan dari berbagai hal kedalam sebuah jenis berdasarkan ciri dari setiap jenis pada umumnya.
  3. Menghubungkan antara kelas dengan sub-kelas dari objek observasi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan.

Lingkungan

Pernyataan Umum
Lingkungan merupakan kombinasi dari kondisi fisik (sumber daya alam yakni:tanah, energi, air, surya, beserta flora dan fauna yang hidup di atas permukaan tanah maupun dalam laut.

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang tinggal di dalam lingkungan, manusia memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat lingkungan beserta dengan isinya. namun tidak sedikit juga manusia yang tidak bisa menjaga lingkungan tempat tinggalnya.

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Pada tahun ini dilaporkan volume banjir semakin meningkat. karena manusia tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan akhirnya mereka membuang sampah di sungai. sampah yang menumpuk akhirnya membuat aliran sungai tersumbat dan menyebabkan pendangkalan sungai.”

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Sebagai seorang manusia hendaknya kita dapat mengemban kewajiban untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Dengan tetap menjaga lingkungan maka kita dapat terhindar dari bencana banjir.

Itulah materi tentang teks laporan hasil observasi dan semoga bermanfaat. Terimakasih
Advertisement

Iklan Sidebar