Info Populer 2022

5 Tips Cegah Smartphone 'Mati Mendadak' Ketika Beraktivitas

5 Tips Cegah Smartphone 'Mati Mendadak' Ketika Beraktivitas
5 Tips Cegah Smartphone 'Mati Mendadak' Ketika Beraktivitas

Berikut ini 5 Tips Cegah Smartphone 'Mati Mendadak' dikala Beraktivitas



Apa yang akan kau lakukan dikala menjumpai daya baterai smartphone Android atau iPhone kau sudah kritis?

Mungkin kau mengalami bencana ini sehari- hari, di mana kau tak sanggup menemukan stop kontak untuk mengisi baterai smartphone atau sedang di jalan sehingga smartphone perlahan akan 'mati'.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi hal tersebut, berikut ini lima cara bagaimana memaksimalkan dan solusi cepat untuk menciptakan ponsel Android dan iPhone kau tetap menyala.

1. Mati dan Nyalakan Kembali Perangkat

Satu hal bilamana smartphone atau perangkat mobile kau mati sebab dipakai seharian tanpa henti. Jika kau melihat indikator baterai turun 5 atau 10 persen hanya dalam hitungan menit, itu berarti ada sesuatu yang patut dicurigai.

Kemungkinan besar hal ini terjadi sebab salah satu aplikasi atau beberapa fungsi di perangkat (Android dan iOS) menyedot habis daya baterai.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini ialah melaksanakan hard reboot. Dengan cara ini, perangkat kau 'dipaksa' menghentikan fungsinya dan me-restart.



Untuk perangkat iOS (iPhone dan iPad) sanggup memakai kombinasi tombol dengan menekan dan menahan tombol power dengan tombol home hingga logo Apple muncul.

Sementara pada perangkat Android, ada beberapa cara untuk melaksanakan hard reboot. Bagi kebanyakan perangkat Android, kau sanggup tekan kombinasi tombol power dan volume down.

Cara lainnya, kau sanggup melepas baterai smartphone bila memang memungkinkan.

2. Cari Aplikasi yang Konsumsi Daya Baterai

Daya baterai kau masih bermasalah sehabis hard reboot? Bila ya, ada baiknya kau 'selidiki' aplikasi apa yang menyedot baterai lebih besar dari seharusnya.

Untuk perangkat Android, kau sanggup tap Settings > Battery, gulir ke bawah dan lihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi baterai paling besar. Tap aplikasi tersebut dan pilih Force Stop.



Di iOS, kau sanggup jalan masuk hidangan Settings> Battery untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang menyedot baterai.

Jika melihat ada aplikasi yang menyedot daya baterai, kau sanggup matikan aplikasi dengan menekan tombol home dua kali dan gulir 'kartu' aplikasi ke atas untuk menutupnya.

Cara lain, kau sanggup 'memutus' seluruh kegiatan aplikasi dengan mengaksesnya di Settings> General> Background App Refresh dan matikan aplikasi yang kau rasa perlu.

3. Aktifkan Airplane Mode

Penyebab lain kenapa indikator baterai 'terjun bebas' ialah sebab kau sedang berada di area layanan seluler yang jelek. Saat ini terjadi, ponsel kau akan berusaha terus menerus untuk terkoneksi dengan penyedia selular.

Jika dirasa sedang berada di lokasi dengan jaringan selular yang buruk, ada baiknya kau menyalakan Airplane Mode.

Untuk perangkat iOS, kau sanggup buka hidangan Settings, dan aktifkan Airplane Mode, atau swipe layar ponsel ke atas untuk memunculkan jendela Control Center dan tekan tombol Airplane Mode.



Untuk perangkat Android, kau sanggup swipe layar ke bawah untuk memunculkan layar Quick Settings dan pilih tombol Airplane Mode.

Sekadar informasi, kau tetap masih sanggup memakai WiFi walau pun Airplane Mode sudah dinyalakan.

4. Aktifkan Modus Battery saver

Baik baterai iOS dan Android akan bertahan lebih usang bila kau mengaktifkan modus battery saver ini.

Saat modus ini menyala, layar ponsel akan secara otomatis diatur lebih redup dan menonaktifkan beberapa fitur atau aplikasi yang berjalan di background.



Modus ini cukup mempunyai kegunaan dikala kau menghadapi situasi sedang di jalan tanpa ada power bank atau membawa unit charger ponsel.

5. Beli Power Bank

Bagi kau yang sering berpergian pastinya tak akan selalu menemukan stop kontak untuk digunakan.

Saat ini banyak pabrikan power bank yang sanggup kau pilih, baik dari segi bentuk yang unik hingga hingga dengan kapasitas baterai yang ditawarkan.



Ada baiknya untuk membeli kapasitas power bank yang besar. Dengan kapasitas besar, power bank milikmu pun sanggup menciptakan perangkat Android atau iOS tetap menyala hingga seharian atau hingga menemukan stop kontak.


Advertisement

Iklan Sidebar