Info Populer 2022

Mengapa Ide Kreatif Sering Muncul di Kamar Mandi?

Mengapa Ide Kreatif Sering Muncul di Kamar Mandi?
Mengapa Ide Kreatif Sering Muncul di Kamar Mandi?
Saat melamun di kamar mandi, ide kreatif sering melintas begitu saja. Kenapa, ya?

 ide kreatif sering melintas begitu saja Mengapa Ide Kreatif Sering Muncul di Kamar Mandi?

Scott Barry Kaufman, psikolog dan juga penulis buku Wired to Create: Unraveling the Mysteries of the Creative Mind (2015) melakukan penelitian yang yang menyoroti tentang pentingnya relaksasi untuk menghasilkan pemikiran yang kreatif. Hasilnya terungkap bahwa 72% orang mendapatkan ide kreatif ketika mandi.

“Pikiran kita dapat berkeliaran bebas ketika kita bersantai di kamar mandi. Otak kita menjadi lebih terbuka akan arus ide yang mengalir dalam kesadaran batin dan lamunan,” ujarnya.

Kamu pernah merasakan momen kreatif di kamar mandi? Berikut ini penjelasan ilmiahnya mengapa ide kreatif sering muncul di kamar mandi.

Dalam lamunan dan kesendiran, kita bisa mengkonfigurasi ulang otak


Lebih lanjut menurut Kaufman, mengapa kita lebih kreatif di kamar mandi adalah karena ketika berada di kamar mandi adalah saat di mana seseorang punya ruang dan waktu untuk menikmati kesendirian. Ketika kita tidak terganggu dengan kebisingan dunia luar, ini memungkinkan untuk mengkonfigurasi ulang otak kita.

Dalam keheningan itu seseorang bisa terhubung dengan dirinya sendiri lebih intim. Sehingga bisa memahami tubuh, perasaan dan pikiran diri sendiri lebih dalam. Ini membantumu untuk membuat koneksi dengan dunia eksternal. Karena kreativitas terletak pada hubungan antara ruang batin dan dunia luar.

Dopamin yang dilepaskan saat santai dapat memunculkan ide hebat


Alice Flaherty, Associate Professor of Neurology di Harvard Medical School mengatakan bahwa salah satu komposisi yang penting untuk membuat kita lebih kreatif adalah dopamin. Ketika dopamin ini dilepaskan kita bisa terdorong untuk lebih kreatif. Meningkatnya aliran dopamin ini bisa dipicu dengan banyak hal, termasuk mandi dengan air hangat atau berolahraga.

Kamar mandi sebagai “inkubator” ide


Jika kamu sepanjang hari memikirkan banyak masalah sulit, kamar mandi adalah tempat kamu menginkubasi ide-ide serta solusi-solusi pemecahan masalah yang kamu hadapi. Shelley H. Carson, psikolog dan peneliti di Harvard University yang juga penulis buku Your Creative Brain: Seven Steps to Maximize Imagination, Productivity, and Innovation in Your Life (2012) mengatakan bahwa mendistraksi dirimu untuk istirahat di tengah kesibukan bisa jadi hal bagus. Termasuk ke kamar mandi. Pikiran yang mengembara di kamar mandi membangkitkan alam bawah sadar kamu dan mengirimkan ide-ide itu ke dalam pikiran sadarmu.

“Mendengar” ide lebih jernih


Jonah Lehrer, penulis buku Imagine: How Creativity Works (2012) mengatakan saat santai, gelombang di otak mengarahkan perhatian ke dalam diri. Ketika kita terlalu fokus berpikir, perhatian cenderung diarahkan ke luar diri. Sehingga solusi-solusi masalah atau ide yang sebenarnya sudah ada dalam kepala kita tidak terlalu “terdengar” ketika kita sibuk dan terlalu fokus. Justru ketika kita bersantai, ide yang sudah ada sebelumnya bisa lebih jernih dan jelas terdengar.

Sudah cukup jelas, ya, mengapa ide kreatif sering muncul di kamar mandi. Jadi, segera tangkap ide-ide kreatifmu saat mereka berkeliaran di kamar mandi! Dan jangan lupa langsung dicatat di ponsel atau agendamu, setelahnya ya.
Advertisement

Iklan Sidebar