Info Populer 2022

Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Self Branding

Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Self Branding
Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Self Branding
Apa yang kamu posting di media sosial? Mulai sekarang semakinlah berhati-hati memposting sesuatu dan pikirkan dampak untuk jangka panjangnya. Media sosial sebaiknya kamu rancang untuk membangun self-branding kamu dengan baik. Karena sudah semakin banyak perusahaan yang memperhatikan akun media sosial pelamar kerja untuk menilai skill dan karakternya.

hati memposting sesuatu dan pikirkan dampak untuk jangka panjangnya Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Self Branding

Setiap foto, tweet, video atau caption yang kamu unggah di media sosial dapat dijadikan bahan pertimbangan apakah perusahaan merasa cocok dengan kepribadianmu atau tidak. Ada banyak hal yang bisa kamu mulai lakukan untuk mengembangakna karier kamu dengan memanfaatkan media sosial. Simak caranya berikut ini.

1. Follow akun yang sesuai dengan passionmu


Ada banyak akun yang menginspirasi di media sosial dari berbagai profesi yang bisa kamu ikuti di media sosial. Jika kamu suka memotret, kamu bisa follow para fotografer ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri. Begitu pun jika kamu suka mendesain, kamu bisa ikuti akun desainer, baik itu desainer mode, grafis, atau pun interior. Dan banyak lagi akun-akun lain yang inspiratif yang bisa kamu ikuti sesuai minat dan bakat kamu.

Dengan mengikuti akun-akun yang sesuai dengan passion, kamu bisa belajar bagaimana cara mereka membangun citra mereka di media sosial. Ini bermanfaat agar kamu bisa mendapat pandangan seperti apa membangun self-branding yang tepat untuk profesimu di media sosial. Jadi selain terinspirasi, kamu juga akan termotivasi.

2. Promosikan skill


Menuliskan skill apa saja yang kita miliki di CV adalah hal penting ketika melamar pekerjaan. Dengan adanya media sosial, kita dapat membuktikan kepada perusahaan bahwa skill yang kita tulis di CV telah diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Pamerkan karya apa yang memang sesuai dengan keahlian kamu di media sosial. Misalnya, kamu bisa mengunggah foto-foto hasil jepretanmu atau gambar buatanmu ke Instagram. Kalau kamu punya skill untuk membuat video, unggah karyamu di Youtube. Dengan begitu, orang-orang akan tahu apa kemampuanmu sehingga ketika mereka punya project yang berkaitan dengan keahlianmu mereka akan segera menghubungimu.

3. Bangun koneksi


Kamu sudah membangun self branding di media sosial dengan cukup baik? Kini saatnya kamu memperluas koneksi. Jalin komunikasi dengan banyak orang di media sosial dengan memberikan feedback pendapatmu tentang hal yang mereka share. Hal sederhana seperti ucapan selamat atas keberhasilan yang mereka raih atau pujian atas karyanya yang keren juga bisa menjadi awal mula menjalin koneksi dengan orang lain.
Advertisement

Iklan Sidebar