Info Populer 2022

Aplikasi Android Berbahaya

Aplikasi Android Berbahaya
Aplikasi Android Berbahaya
Ada jutaan aplikasi dan game Android yang sanggup kau temukan di toko aplikasi Google Play Store, baik resmi maupun tidak resmi.

Jika tidak cermat, aplikasi yang kau unduh sanggup saja mempunyai virus berbahaya bagi ponsel kamu. Tingginya penggunaan smartphone menjadi peluang besar bagi peretas (hacker) untuk menyebarkan virus lewat aplikasi gratis.




Bagaimana cara menghindarinya? Praktis saja, kau perlu ciri-ciri ini untuk mengetahui aplikasi berbahaya atau tidak di Android.

Simak ulasannya menyerupai yang dirangkum dari banyak sekali sumber berikut ini:

1. Tidak Ada di Play Store
Pertama, berdasarkan How to Geek, aplikasi berbahaya tidak tersedia di Play Store, tetapi hanya di situs-situs mengembangkan aplikasi atau blog. Memasang (install) aplikasi berformat .apk terkadang berisiko mengandung virus.

2. Pengembang Aplikasi Tak Jelas
Sebelum memasang aplikasi, sebaiknya periksa dahulu sumber aplikasi tersebut. Misalnya, siapa pengembang aplikasinya (developer). Jika tidak terperinci atau tidak diketahui sumbernya dari mana, kemungkinan besar aplikasi tersebut kurang kredibel.

3. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar
Apabila aplikasi yang kau ingin unduh ada di Play Store, coba perhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan pengguna. Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan kita pakai.
Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah digunakan oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapat rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

4. Reputasi
Ciri berikutnya, aplikasi yang berbahaya mempunyai reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store atau di komunitas Android lainnya. Cermati apabila jumlah pengunduh dan rating aplikasi rendah. Bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya.

5. Deskripsi Ngawur
Aplikasi yang berbahaya sanggup juga dikenali dari deskripisi yang tidak terperinci yang di-post di Play Store. Jika memang demikian, sanggup dicurigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat kamu.

Semoga Bermanfaat
Advertisement

Iklan Sidebar