Info Populer 2022

Penyebab Hp Android Sering Lag/Mendadak Macet

Penyebab Hp Android Sering Lag/Mendadak Macet
Penyebab Hp Android Sering Lag/Mendadak Macet
 - HP Android lag atau macet secara mendadak sering kali terjadi pada kita. Entah itu pada ketika kita membuka aplikasi chatting, ketika melaksanakan browsing, nonton youtube, maupun disaat sedang bermain game. Tentu hal ini membuat  kita merasa kesel dan jengkel bukan? Tapi pernahkah anda mencari tau apa penyebab HP Androd Sering Lag? Nah, jikalau belum pernah, kebetulan disini Kang Arif akan memberi tau wacana apa saja sih penyebab HP Android kita sering LAG.

 HP Android lag atau macet secara mendadak sering kali terjadi pada kita Oh Ini Ternyata, Penyebab HP Android Sering LAG/Mendadak Macet

Penasaran? Yuk Simak Artikel Berikut.

Penyebab-Penyebab Android Sering Lag


1. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Sedang Berjalan.

Banyaknya aplikasi yang berjalan dilatarbelakang, tentunya akan menciptakan Memory RAM pada smartphone anda penuh. Sehingga menciptakan HP Android anda akan LAG dan macet secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan tidak ada ruang lagi pada RAM untuk menjalankan aplikasi. Terlebih lagi jikalau kita membuka internet sambil bermain game atau sambal chattingan, RAM tidak akan bisa menjalankan aplikasi tersebut secara bersamaan. Biasanya hal ini sering terjadi pada HP android yang mempunyai kapasitas RAM dibawah 1GB.

2. RAM Penuh.

Sebenarnya point ini sama menyerupai point pertama. Memori RAM penuh dikarenakan terlalu banyak Aplikasi yang berjalan di berjalan di latarbelakang. Tidak membuka aplikasi juga bisa menyebabkan RAM penuh. Biasanya aplikasi ini menyerupai Messenger, Line, WhatsApp, Facebook, BBM, Twitter dan aplikasi sosmed lainnya.
  

3. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Diinstall.

Banyaknya aplikasi yang diintall pada HP anda juga menjadi pemicu terjadinya LAG/Macet. Walaupun kapasitas memori internal dan eksternal anda besar, bukan berarti anda bebas menginstall banyak sekali aplikasi yang ada di Playstore. Makin banyak aplikasi yang anda install, maka semakin lag/lemot pula hp android anda. Apalagi kalo aplikasi yang anda install itu suka berjalan di latarbelakang. Tidak hanya mengurangi kapasitas memori internal dan eksternal saja, melainkan menambah kinerja dari RAM di HP anda.

4. Cache Aplikasi Yang Menumpuk.

Cache yaitu file sampah yang akan terus dihasilkan pada ketika kita mmebuka dan menjalankan aplikasi. Baik itu aplikasi Chatting, Aplikasi Sosmed, atau Game. Memang. Cache mempunyai sifat sementara yang tidak begitu penting dan harus sering dibersihkan. Jika tidak dibersihkan maka file-file sampah ini akan menumpuk di memori internal pada HP android kita dan tentunya menciptakan android kita lemot. Untuk membersihkan cache-cache aplikasi ada HP android, anda sanggup mengintall aplikasi menyerupai CC cleaner atau aplikasi pembersih cache lainnya yang ada di Playstore.

5. Tema / Wallpaper Animasi.

Siapa sangka wallpaper animasi/tema yang kita pasang untuk memperindah tampilan pada android kita menjadi salah satu penyebab android lag. Terdapat banyak sekali diluar sana aplikasi-aplikasi launcher yang menyediakan tema keren dan menarik. Tapi dibalik itu semua tema dengan memakai laucher tersebut membutuhkan Memory RAM untuk menjalankannya. Launcher yang kita pasang dan kita gunakan itu, membutuhkan penggunaan RAM yang tidak sedikit Loh!!.Tapi Jika anda tetap bersikeras ingin memasang dan menggunakannya, tetap imbangi pemakaiannya dengan aplikasi-aplikasi lainnya supaya terhindari dari LAG mendadak.

6. Sistem Android Terserang Virus. 

Virus tidak hanya menyerang Laptop/PC. Akan tetapi Virus juga sanggup menyerang pada sistem android anda. Virus yang menyerang sistem/aplikasi tentunya berdampak jelek bagi kinerja android itu sendiri. Tidak hanya menyebabkan lag, bahkan sanggup menyebabkan sistem android rusak dan mati total.  

Itu tadi ulasan singkat mengenai Penyebab HP Android Sering LAG/Mendadak Macet, Semoga Artikel ini bermanfaat dan Terima kasih 😊
Advertisement

Iklan Sidebar