Info Populer 2022

Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah

Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah
Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah
Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Praktis Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah
Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah
Kali ini penulis ingin membagi sedikit ilmu yang penulis ketahui dan supaya bermanfaat bagi kau para pengguna Microsoft Office Word. Meskipun kita sudah sering memakai Microsoft Office Word namun terkadang ada beberapa langkah atau cara yang sanggup membantu kita mempermudah dalam menuntaskan pekerjaan yang tidak kita ketahui. padahal, langkah atau cara tersebut kalau kita sanggup menguasainya maka itu akan sangat membantu dalam menuntaskan pekerjaan kita. Nah, di bawah ini aku akan membagikan beberapa langkah atau cara yang sanggup kau gunakan untuk menuntaskan pekerjaan dengan memakai Microsoft Office Word.

Dalam mengatur lembar kerja Microsoft Office Word kau sanggup memakai Mouse atau cara yang kedua dengan memakai Keyboard atau kombinasi beberapa tombol yang terdapat pada keyboard. Bagi kebanyakan orang lebih menentukan dengan memakai mouse alasannya yakni lebih gampang untuk melaksanakan pengaturan lembar kerja Microsoft Office Word, namun tidak sedikit pula yang lebih menentukan dengan cara kedua yaitu dengan memakai kombinasi tombol pada keyboard. Jika kita mengetahui dengan terperinci kombinasi tombol yang sanggup digunakan, maka cara kedua atau memakai kombinasi tombol keyboard akan terasa jauh lebih cepat jikalau dibandingkan dengan memakai mouse.

Berikut ini akan aku jelaskan beberapa langkah atau cara gampang dalam melaksanakan pengaturan lembar kerja dengan Microsoft Office Word:

1. Mengubah spasi atau jarak antar huruf
Pertama-tama pilih atau sorot text yang akan diubah spasinya kemudian pilih Ribbon Home kemudian pilih tanda panah yang berada di pojok kanan bawah pada group Font atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HFN" tanpa tanda petik secara bersamaan. Pada kotak font yang muncul pilih sajian advanced kemudian ubah angka pada kotak sebelah kanan dari kotak Spacing, dan yang terakhir klik OK.

2. Mengubah spasi atau jarak antar baris paragraf
Pertama-tama pilih atau sorot paragraf yang akan diubah spasinya kemudian pilih Ribbon Home kemudian pilih tanda panah yang berada di pojok kanan bawah pada group Paragraph atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HPG" tanpa tanda petik secara bersamaan. Pada kotak Paragraph yang muncul ubah pilihan pada kotak yang berada di bawah Line spasing, dan yang terakhir klik OK.

3. Mengubah tampilan text Tebal, Miring atau Garis Bawah
Pilih Ribbon Home kemudian pada sajian Font Pilih abjad "B" untuk tebal, "I" untuk miring dan "U" untuk garis bawah atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + H1" atau "Ctrl + B" untuk tebal, "Alt + H2" atau "Ctrl + I" untuk Miring dan "Alt + H3" atau "Ctrl + U" untuk garis bawah, tanpa tanda petik secara bersamaan

4. Mengubah perataan atau alignment 
Pengaturan ini berfungsi untuk merapikan dokumen. Terdapat 4 perataan yaitu rata kiri, rata kanan, rata tengah dan justify atau rata kanan-kiri. Untuk penerapannya sanggup anda pilih ribbon Home kemudian pada sajian Paragraph pilih salah satu perataan ibarat Align Left (rata kiri), Center (Rata Tengah), Align Right (Rata Kanan), atau Justify (Rata Kanan-Kiri). atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HAL" atau "Ctrl + L" untuk Rata Kiri, "Alt + HAC" atau "Ctrl + C" untuk Rata Tengah, "Alt + HAR" atau "Ctrl + R" untuk Rata Kanan, dan "Alt + HAJ" atau "Ctrl + J" untuk Rata Kanan-Kiri, tanpa tanda petik secara bersamaan.

5. Membuat daftar urut dengan nomor atau simbol
Untuk menciptakan daftar urut pada Microsoft Office Word cukup dengan mengetik "1. kata yang diinginkan" tanpa tanda petik dan tekan enter maka microsoft office word secara otomatis menciptakan nomor urut. Jika cara ini tidak berhasil gunakan cara kedua yaitu dengan menentukan Ribbon Home, kemudian pada sajian Paragraph pilih Bullets untuk simbol atau Numbering untuk nomor yang berada di bab atas sajian Paragraph atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HU" untuk simbol atau "Alt + HN" untuk nomor tanpa tanda petik secara bersamaan, kemudian atur sesuai selera dan akhiri dengan klik Ok atau menekan tombol enter.

6. Membuat footnote atau catatan kaki
Untuk menciptakan footnote atau catatan kaki yaitu dengan menentukan Ribbon Reference. Lalu pada sajian Footnotes pilih Insert Footnote atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + SF" tanpa tanda petik secara bersamaan, dan atur sesuai selera kamu.

7. Memanfaatkan Auto Correct
Pada Microsoft Office pengaturan default bahasa yakni bahasa Inggris, ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia saat diketik secara otomatis akan berubah dalam bahasa default atau bahasa Inggris. Seperti kata "teh" yang secara otomatis akan bermetamorfosis "the". Untuk menghindari persoalan ini maka kita sanggup memanfaatkan Auto Correct, yaitu dengan cara pilih Ribbon File kemudian pilih Options atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + FT" tanpa tanda petik secara bersamaan, kemudian pada kotak Word Options pilih sajian Proofing dan pada kotak sebelah kanan Klik AutoCorrect Options. Kemudian pada kotak yang berada di bawah Replace ketikkan kata yang akan diubah ibarat misal "the" dan pada kotak yang berada di bawah With ketikkan kata perubahannya ibarat misal "teh". Kemudian akhiri dengan menekan tombol OK atau enter.

8. Mengganti satu atau beberapa text yang sama
Pertama-tama pilih Ribbon Home kemudian pilih sajian Editing dan pilih Replace atau memakai kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol "Alt + HR" atau "Ctrl + H" tanpa tanda petik secara bersamaan. Pada kotak Find What ketikkan kata atau kalimat yang akan diubah dan pada kotak Replace with ketikkan kata atau kalimat perubahannya. Kemudian akhiri dengan klik Replace atau Replace All dan lihat perubahannya.

9. Memasukkan simbol matematika
Pada Ribbon Insert, sorot pada sajian Symbols dan pilih Equation atau dengan kombinasi tombol keyboard "Alt + NE" tanpa tanda petik secara bersamaan. Untuk cara penggunaannya Klik disini.

Demikian beberapa cara gampang untuk mengatur lembar kerja pada Microsoft Office Word yang sanggup anda gunakan.
Semoga goresan pena diatas sanggup bermanfaat untuk para pengguna Microsoft Office Word.
Advertisement

Iklan Sidebar