Info Populer 2022

Hp Cepat Panas? Inilah 13 Penyebab Dan Solusi Ampuhnya

Hp Cepat Panas? Inilah 13 Penyebab Dan Solusi Ampuhnya
Hp Cepat Panas? Inilah 13 Penyebab Dan Solusi Ampuhnya

Hallo temen temen kembali lagi di
Saat bermain smartphone,  tak jarang smartphone sering panas. Tentu banyak faktor yang mensugesti panasnya hp, baik dari problem hardware, suhu ruangan, dan tak luput dari terlalu usang bermain game dan streaming. Saat hp panas, tentu hal ini akan mengganggu kita dalam bermain hp. 
Dampak langsungnya ialah tangan kita akan terganggu alasannya ialah panasnya HP. Lebih susahnya lagi, performa pada HP yang menurun alasannya ialah hardware sudah mencapai batasnya 

Jika kalian hirau tak acuh, maka efeknya akan terasa baik cepat atau lambat. Panas pada HP yang berlebih sanggup menimbulkan imbas ancaman yang besar bila  tidak segera diatasi. 

Bisa jadi, baterai menjadi lebih boros, lebih buruknya smartphone kau mengalami overheat dan tidak sanggup dipakai lagi. 
Menghindari ancaman yang ditimbulkan dari smartphone yang panas, maka sanggup menciptakan HP kau berumur lebih panjang. Nah, kali ini akan membagikan penyebab HP panas dan batre boros serta cara mengatasi HP  panas berlebihan. Ikuti terus artikelnya!

# Penggunaan HP yang Berlebihan
Menggunakan smartphone untuk bermultitasking ibarat chatting, browsing , streaming, nonton film, atau bahkan bermain game baik offline maupun online dalam waktu yang usang sanggup menciptakan HP kau panas. 
Hal ini dikarenakan komponen di dalamnya khususnya prosesor harus bekerja sangat keras untuk menjalankan kerja semua itu. Dikarenakan prosesor membutuhkan daya dari baterai, maka baterai mengalami kenaikan suhu. 





Namun, perlu diingat bahwa panas terbesar pada smartphone ialah berasal dari prosesor smartphone itu sendiri. 


Solusi :
Gunakan smartphone sewajarnya. Jangan gunakan smartphone jikalau penggalan case smartphone sudah mulai terasa hangat alasannya ialah ini mengindikasikan jikalau prosesor kau sedang bekerja keras. 
Penggunaan smartphone yang berlebihan sanggup menimbulkan umur smartphone semakin pendek. 


# Kondisi ruangan sekitar
Jika kau berada di ruangan yang panas, maka otomatis smartphone akan mempunyai suhu panas yang sama dengan ruangan.  
Karena Smartphone panas, maka prosesor  akan panas juga dan bisa -  bisa  mengalami overheat. 

Solusi : 
Gunakan smartphone pada ruangan yang bersuhu ruangan. Jangan gunakan hp di suhu dingin.
Suhu hirau taacuh akan menciptakan smartphone bersuhu hirau taacuh pula yang menimbulkan kelembapan pada hardware ponsel. 
Lembab sanggup mengkaratkan perangkat Anda. Hal ini tentu sanggup merusak ponsel. 
 



# Aplikasi di Latar Belakang 
Aplikasi yang Anda matikan biasanya masih berjalan di Latar belakang. Aplikasi tersebut masih menggunaka  memori RAM dan prosesor untuk menjalankannya. 

Jika ada banyak aplikasi di background masih berjalan, niscaya akan memaksa kinerja prosesor. Prosesor akan menguras daya baterai dan ujung - ujungnya baterai panas. 

Di samping itu, aplikasi yang memerlukan Internet , bisa menguras kuota smartphone Anda. 

Solusi : 
Selalu hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan tekan tombol Home selama dua detik, atau tekan tombol ikon bergaris tiga pada ponsel kemudian hapus aplikasi yang berjalan.

# Spesifikasi smartphone 
Jika Anda mempunyai smartphone yang berprosesor yang berclockspeed besar, jumlah core/inti banyak sehingga mempunyai performa bermultitasking yang tinggi, lagi-lagi baterai kena imbasnya yang menciptakan smartphone Anda panas. 

Solusi : 
Jika smartphone sudah terasa panas, maka istirahatkan smartphone. Selain itu, gunakan aplikasi pihak ketiga pendingin smartphone yang sanggup mengoptimalkan suhu smartphone Anda. 

Aplikasi yang kami sarankan antara lain : 
  • Clean Master
  • DU Battery Saver
  • Go Speed
  • Super Cooler-CPU Cooler-Cool
  • Cool Master
  • Coolify
  • Device Cooler Heat Minimister
  • Smart Cooler-Phone Cooler & CPU Temp Controller

# Virus Smartphone 
Virus smartphone Anda mungkin menjadi penyebab ponsel Anda mempunyai panas berlebih. Virus ini bisa berupa malware yang Anda dapatkan ketika Anda menginstall aplikasi yang tidak Anda download dariPlayStore. 

Selain itu, juga bisa didapatkan dari situs - situs yang berbahaya. Malware bisa mencuri data-data pada smartphone dan menciptakan smartphone lebih lambat dari biasanya dikarenakan sanggup menghambat kinerja dan menciptakan smartphone tidak optimal. 

Solusi :
Selalu scan virus smartphone Anda semoga smartphone terhindar dari virus-virus berbahaya. Meskipun smartphone sudah dilengkapi pengaman semoga virus tidak bisa menerobos keamanan sistem, namun bisa saja virus masih bisa menerobosnya. 

Aplikasi pihak ketiga yang bisa kau gunakan untuk scan virus adalah 
  • IOBit Applock -  Privacy Protect
  • Security Master
  • AVG Antivirus Security
  • 360 Security
  • StubbornTrojanKiller
  • Virus Cleaner
  • Kaspersky Mobile Antivirus
  • Avast Antivirus
  • Avira Antivirus
  • Antivirus Free

# Susah Sinyal
Secara otomatis, smartphone sudah berada dalam keadaan untuk selalu mencari jaringan telepon meskipun dalam keadaan susah menemukan sinyal telepon.

Keadaan susah sinyal bisa terjadi ketika hp kau berada di dalam kendaraan beroda empat atau tas. 

Ketika kau memaksa untuk memakai sinyal telepon terutama memakai data seluler, maka smartphone akan menjadi cepat panas dikarenakan hardware pencari jaringan telepon terus-menerus dipaksa bekerja meskipun dalam keadaan yang susah sinyal.


Solusi : 

Gunakan fitur 'Mode Penerbangan'  atau Airplane Mode ketika smartphone berada di kondisi susah sinyal . Atau jikalau ingin lebih berhemat baterai, matikan smartphone.


# Menggunakan ketika Pengisian Daya



Ketika Anda memakai smartphone ketika dicharge, pengisian daya menjadi tidak efisien. Daya listrik yang masuk ke baterai pribadi dipakai ketika itu juga. 
Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan baterai dan perangkat Anda. Smartphone akan menjadi lebih panas dari biasanya dikarenakan baterai dipakai untuk 2 acara yang bersamaan, yang menjadikan hp panas ketika dicas.

Bermultitasking saja menimbulkan meningkatnya suhu ponsel, apalagi dengan mencharge perangkat seluler, tambah double panasnya. 

Solusi : 
Charge baterai pada kondisi airplane mode / mati. Jangan gunakan smartphone ketika dicas semoga pengisian daya baterai HP menjadi lebih optimal.

# Penyumbatan pada Lubang Ponsel
Tak banyak pengguna ponsel yang melalaikan kebersihan lubang smartphone. Hal ini dikarenakan kotornya lubang ponsel tidak terlihat oleh pemiliknya. 

Padahal, kotoran yang berupa bubuk pada lubang perangkat, sanggup menimbulkan penyumbatan. Penyimbatan ini, sanggup menimbulkan panas yang berasal dari hardware smartphone tidak sanggup keluar dan menimbulkan overheating pada ponsel Anda. 
Solusi :
Selalu cek kebersihan pada lubang smartphone Anda. Jika kotor, bersihkan memakai menggunakan cotton bud sampai bubuk tidak bersisa.


# Penggunaan Case yang Salah


Case yang terbuat dari materi yang buruk dalam sirkulasi udara dan perambatan panas ialah pola case yang buruk bagi kesehatan smartphone. 

Pasalnya, panas yang dikeluarkan oleh ponsel seharusnya sanggup terbuang ke udara. Namun, case yang salah sanggup menghambat pengeluaran panas ini yang berakibat fatal bagi ponsel. Case yang berjenis hardcase ialah pola case yang baik untuk menahan panas dan benturan. 


Sayangnya case ini mempunyai ukuran yang besar, sehingga ketika disimpan dalam saku rasanya kurang pas. Case berjenis softcase ialah pola case yang buruk bagi pengaliran panas

Solusi : 
Gunakan case yang gampang menyerap panas smartphone. Jika ketika Anda mengalami smartphone yang overheat, maka buka case dan angin-anginkan smartphone semoga panas sanggup keluar.
 



# Jumlah File yang Berlebihan
Saat kita melihat iklan-iklan aplikasi smartphone, sering kita terbujuk untuk mendownloadnya. Padahal, ujung- ujungnya tak mesti kita memakai aplikasi tersebut. 

Aplikasi yang tak mempunyai kegunaan sanggup menumpuk dan menciptakan kinerja smartphone lebih keras lagi. 

Sama halnya dengan file dan cache yang sanggup memberatkan smartphone kita yang sanggup menimbulkan prosesor menjadi cepat panas. Manajemen file yang baik akan menciptakan smartphone Anda mempunyai kinerja yang cepat, tidak gampang panas, dan responsif. 

Solusi : 
Selalu cek aplikasi Anda yang tidak Anda gunakan. Buka folder galeri dan dokumen Anda dan hapus beberapa data yang dirasa kurang penting. Jika dirasa penting backup ke internet atau ke hardisk laptop/pc. 

Aplikasi yang sanggup membantu untuk menghapus file tak mempunyai kegunaan antara lain 
  • Avast Cleanup & Boost
  • CCleaner
  • Cleanmaster dan Cleanmaster (Lite) <- Ringan
  • DU Speed Booster
  • AMCSecurity
  • Power Clean
  • File Manager  
  • ES File Explorer
  • CMFile Manager



# Brightness yang Tinggi dalam Waktu yang Lama
Jangan sepelekan kecerahan layar hp yang tinggi ialah hal yang kecil. Padahal, penggunaan layar, sanggup menguras daya baterai ponsel yang tidak sedikit. Apalagi ditambah dengan screen timeout yang usang menambah beban baterai Anda. 

Bisa saja ketika Anda lupa mematikan smartphone ketika di dalam tas, dan layar tetap hidup dalam waktu yang lama. Tentu saja smartphone sanggup dengan gampang panas.
 
Solusi : 
Atur brightness smartphone agar enak dipandang mata, namun masih dapat menghemat baterai. Juga Atur screen timout maksimal 1 menit mati untuk berjaga-jaga jikalau kita kelupaan mengunci ponsel. 
 



# Spesifikasi Smartphone yang Rendah 

Spesifiknya ponsel yang rendah namun memaksakan untuk menjalankan sekaligus berbagai aplikasi sanggup menciptakan kinerja prosesor kewalahan dan menciptakan suhunya meningkat drastis. 

Contoh keadaan ibarat ini ialah Anda memakai aplikasi BBM, Instagram, WhatsApp, game-game ringan namun dengan smartphone berspesifikasi RAM 512 Mb dan prosesor berinti 2-core.

Meskipun sanggup berjalan lambat, namun sanggup menciptakan perangkat cepat panas. Di sisi lain, terkadang smartphone juga mengalai reboot sendiri. 

Solusi : 
Gunakan aplikasi yang cocok untuk spesifikasi smartphone Anda. Jangan memaksakan aplikasi yang berat dan spesifikasi ponsel tidak bisa untuk melakukannya. 



# Rusak/Aus Pada Hardware

Jika saja terjadi aus atau karat pada hardware smartphone (CPU, IC, Kapasitor, dll) maka kinerja smartphone menjadi tidak optimal dan cepat panas. 

Aus biasanya terjadi alasannya ialah ponsel terendam ke dalam air dan menciptakan air masuk ke dalam sela-sela dan merusak piranti smartphone. 

Solusi : 
Selalu jaga smartphone dari air. Jika ponsel Anda terendam air, segera lakukan pengeringan  dengan memakai beras, dan sesegera mungkin bawa ke jasa servis ponsel semoga air di dalam ponsel sanggup dikeringkan. 
  


# Kesalahan Pendamping Ponsel

Terkadang, ketika kita mempunyai charger bawaan yang sudah rusak, kita membeli charger yang tidak terjamin keamanannya. Padahal, memakai charger yang bukan bawaan ponsel menimbulkan  ancaman yang tidak sedikit bagi kesehatan baterai perangkat smartphone. 



Sensivitas layar makin kacau, port usb yang gampang rusak, baterai yang semakin boros, dan lebih bahayanya menimbulkan panas berlebih pada ponsel. 

Charger yang tidak sesuai sanggup menghasilkan ketakstabilan arus listrik dan sanggup menimbulkan arus pendek. Pasti tidak mau kan ponsel menjadi rusak alasannya ialah 'kesetrum'. 


Solusi : 
Jaga charger bawaan smartphone. Jika sudah rusak dengan membuktikan susah untuk dipakai mencharge smartphone, belilah charger yang sudah terjamin keasliannya dan yang paling penting cocok untuk smartphone Anda. 

Selalu perhatikan arus output charger semoga sesuai dengan input smartphone supaya pengisian daya menjadi lebih optimal.



Akhir Kata
Sekian Cara Mengatasi HP Cepat Panas. Jika irasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih.

Advertisement

Iklan Sidebar