Info Populer 2022

Peralatan Yang Diharapkan Untuk Membangun Lan ( Local Area Network )

Peralatan Yang Diharapkan Untuk Membangun Lan ( Local Area Network )
Peralatan Yang Diharapkan Untuk Membangun Lan ( Local Area Network )

Peralatan yang diharapkan untuk membangun LAN ( Local Area Network )- LAN ( Local Area Network ) ialah Network atau jaringan  sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas di dalam sebuah gedung atau sebuah kompleks gedung, LAN dibangun memakai perangkat-perangkat jaringan sehingga LAN sanggup saling terkoneksi dengan baik, adapun alat yang diharapkan untuk membangun Jaringa LAN ialah sebagai berikut.

 Apa itu LAN dan Bagaimana Prinsip Kerja LAN ?

1. Router

Router ialah jantung pada sebuah jaringan router berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lain yang mempunyai Network yang berbeda. dalam kasus ini router menghubungkan jaringan internet dengan LAN


2. Switch/ Hub

Berbeda dengan router, switch/hub berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN.

3. Ethernet Card

Ethernet Card  ( Kartu jaringan ) ialah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet , sehingga komputer sanggup terhubung menuju jarngan. biasanya pada komputer-komputer keluaran gres Ethernet Card telah di pasang secara Onbor, sehingga tidak perlu lagi untuk membelinya. namun jikalau anda ingin menyebabkan salah satu komputer menjadi Server sebaiknya menambah satu lagi Etheret Card karna syarat sebuah komputer menjadi server ialah mempunyai Ethernet Card Minimal dua.


4. Ethernet Kabel

Ethernet Cabel yaitu kabel yang dipakai untuk menghubungkan server ke router, client ke server. ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yaitu RJ 45. RJ 45 mempunyai 2 konfigurasi yakni Straight dan Cross Over. Straight Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda misalnya antara komputer switch sedangkan Cross Over  Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama misalnya antara komputer ke komputer atau raouter ke router.


5. Modem

Jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet maka diharapkan modem. jikalau pada LAN tiodak memakai Modem maka tidak sanggup terhubung ke Internet.


6. Peralatan lain yang dibutuhkan
Peralatan yang lain yang diharapkan selama proses penegerjaan LAN adalah, Crimping tools, LAN Tester, Multimeter. 

a.  Crimping Tools 

Crimping Tools dipakai untuk menyambungkan RJ-45 dengan Kabel Ethernet. 


b. LAN Tester

Digunakan untuk untuk menguji kabel LAN, apakah telah terkonfigurasi denga baik atau tidak. 


Itulah beberapa peralatan yang dipakai untuk membangun LAN, demikian artike yanda sanggup admin paparkan yaitu dengan Judul " Peralatan yang diharapkan untuk membangun LAN ( Local Are Network ) jikalau ada pertanyaan terkait artikel inii silahkan berikan koment.




Advertisement

Iklan Sidebar