Info Populer 2022

Fungsi Komponen-komponen pada hp

Fungsi Komponen-komponen pada hp
Fungsi Komponen-komponen pada hp
Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya smartphone, phonsel, hp. Smartphone merupakan perangkat seluler yang digunakan untuk berkomunikasi antara orang dengan seseorang dengan jarak yang jauh maupun dekat, dan juga dapat digunakan untuk mencari segala informasi melalu perangkat lunak didalamnya yang terhubung dengan jaringan sosial.

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya smartphone Fungsi Komponen-komponen pada hp

anda pasti sudah sangat kenal smartphone ini, tapi apakah anda juga sudah kenal dengan komponen yang digunakan dalam menyususun kerjanya smartphone ini ?? pasti belum tahu bukan?? tapi jangan kawatir karena saya akan memberikan penjelasan mengenai komponen apa saja yang menyususun perangkat smartphone ini supaya dapat bekerja dengan baik. Oke langsung saja ke komponen yang pertama.

Liquit cell Display ( LCD )
Komponen ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menampilkan segala kegiatan dan aktifitas yang kita lakukan dalam smartphone, entah ini Browsing, Telpone, Sms, Wa, Fb dan yang lainnya.

IC Audio
Komponen ini merupakan alat yang berfungsi untuk mengolah sinyal-sinyal suara yang masuk melalui IC RF, yang kemudian diteruskan dan diperkuat ke Speaker , kemudian memperkuat getaran gelombang suara yang sudah dirubah oleh MIC menjadi getaran gelombang listrik dan diteruskan ke IC RF. IC Audiopun juga dapat berfungsi untuk menjalankan perintah yang diberikan oleh CPU.

Key Pad
Komponen ini berfungsi untuk membuat dan memberikan perintah data kepada CPU yang kemudian diproses dan diolah oleh CPU tersebut untuk diteruskan ke komponen yang lainnya yang juga bersangkutan dengan Key Pad.

Speaker
Komponen ini digunakan untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh telinga manusia. Suara yang dihasilkan dari Speaker sendiri merupakan sebuah gelombang getaran listrik yang diolah menjadi suara oleh IC Audio

Microphone
Komponen ini memiliki fungsi sebagai alat komunikasi secara lisan yang sistem kerjanya dengan merubah getaran gelombang suara yang telah diterima menjadi getaran gelombang listrik, sehingga getaran listrik tersebut dapat diproses oleh komponen yang terkait.

Antena
Komponen ini berfungsi untuk menangkap dan memancarkan gelombang sinyak yang telah diterima oleh peswat ponsel.

Filter RX
Komponen ini memiliki fungsi untuk memfilter atau membagi frekuensi yang digunakan atai diterima, agar sinyal yang dihasilkan dapat menjadi jernil dan jelas.

Transistor ( Penguat RX )
Komponen ini berfungsi sebagai penguat frekuensi penerimaan sinyal yang telah difilter melalui Filter RX .

Switch Antena
Komponen ini berfungsi untuk pemisah atau duplixer antara sinyal RX ( penerima ) dengan sinyal TX ( pemancar )

IC RF Processor
Komponen ini berfungsi untuk mengatur sinyal RX dan TX, agar setiap bagiannya dapat bekerja dengan baik dan tepat. Komponen IC RF sendiri terdiri dari Mixer, Decoder, Detoctor. AFC, Squelch, Encoder dan yang lainnya.

Filter TX
Komponen ini digunakan untuk memancarkan sinyal.

Power Detocter
Komponen ini berfungsi untuk mengidentifikasi kuat atau lemahnya sebuah sinyal. Komponen ini juga berfungsi untuk mengirimkan data ke Cpu kemudian data tersebut diproses dan diolah.

Power Ampifier
Komponen ini berfungsi untuk memperkuat akhir sinyal yang akan dikirmkan melalui switch antena pada perangkat smartphone.

Voltage Control Oscilator ( VCO )
Komponen ini berfungsi untuk pembangkit atau Oscilator frekuensi yang akan dipancarkan oleh TX dan mengontrol frekuensi yang diterima oleh RX supya agar tetap balance.

Bluetooth
Komponen ini berfungsi untuk pemancar dan penerima suatu frekuensi data melalui gelombang frekuensi atau gelombang radio.

IR T/R Dioda
Komponen ini berfungsi untuk penerimaan serta pemancar frekuensi data yang melalui cahaya infra merah

CPU
Komponen ini berfungsi untuk memproses tau mengelola sebuah kegiatan dalam perangkat smartphone karena CPU ini bisa dikatakan sebagai otak dari perangkat smartphone.

RAM ( Random Access Memory )
Komponen ini berfungsi untuk digunakan untuk menyimpan data namun sifatnya hanya sementara, maksud data yang disimpan akan hilang jika smarphone dimatikan.

IC Flash
Komponen ini berfungsi untuk penyimpanan data ponsel yang bersifat juga sementara, dikarenakan data yang disimpan dapat berubah sewaktu-waktu.

EEPROM
Komponen ini berfungsi untuk media penyimpanan yang bersifat permanent yaitu data tidak akan hilang walaupun smartphone dimatikan, dan data dapat hilang jika dihapus oleh pemiliknya sendiri.

IC Charger
Komponen ini berfungsi untuk melakukan pengisian baterai dengan cara kerja menyalurkan tegangan listrik yang masuk ke dalam komponen baterai.

Baterai
Komponen ini berfungsi untuk penyimpanan energi listrik atau daya smartphone.

IC Interface
Komponen ini berfungsi untuk mengatur atau pengolola data yang diperintah oleh CPU untuk Buzzer, Vibrator, Lampu dan yang lainnya.

IC Regulator 
Komponen ini berfungsi untuk mengolah dan mengatur tegangan supaya dapat diolah sesuai denga kebutuhan dari masing-masing setiap komponen.

Flaxible/Kabel Flaxibe
Komponen ini berfungsi untuk penghubung antara komponen satu dengan komponenen yang lainnya



Advertisement

Iklan Sidebar