Info Populer 2022

Infeksi Mata pada Burung Lovebird

Infeksi Mata pada Burung Lovebird
Infeksi Mata pada Burung Lovebird
Lovebirds adalah salah satu spesies burung paling favorit yang dipelihara di seluruh dunia sebagai hewan peliharaan. Mereka sangat cantik dan sangat aktif. Siapa pun yang mengunjungi toko hewan peliharaan kagum dengan keindahan dan pesona mereka. Ada beberapa masalah yang diciptakan sejoli bagi pemilik atau pemelihara mereka selama hidup mereka. Mereka adalah peternak yang baik secara keseluruhan dan dapat berkembang biak dengan baik dalam semua kondisi dalam waktu yang sangat singkat.

Lovebirds adalah salah satu spesies burung paling favorit yang dipelihara di seluruh dunia Infeksi Mata pada Burung Lovebird

Satu masalah besar yang dihadapi penjaga burung dengan kekasih adalah masalah infeksi mata mereka. Ketika Anda membeli lovebird baru dan membawanya pulang, kadang-kadang Anda melihat mata mereka terinfeksi setelah beberapa hari. Masalah ini bisa mengancam jiwa bagi kekasih Anda dan banyak sakit kepala bagi penjaga burung. Tetapi ada beberapa cara Anda dapat mengatasi masalah ini tanpa banyak kesulitan.

Penyakit infeksi mata lebih sering terjadi di musim panas di negara-negara seperti Pakistan pada bulan April, Mei, Juni, dan Juli. Pada bulan-bulan ini suhunya sering mencapai di atas 40 derajat Celcius. Burung muda lebih terpengaruh oleh penyakit ini dan terutama ketika Anda membeli beberapa burung baru dan membawanya pulang di hari-hari musim panas. Tanpa perawatan yang tepat, burung Anda pada akhirnya akan mati.

Orang yang berbeda memberikan alasan berbeda untuk penyebab masalah ini. Beberapa akan mengatakan bahwa burung-burung Karachi yang dibeli ke Punjab membawa virus bersama mereka. Yang lain akan mengatakan bahwa karena perbedaan iklim antara Karachi dan Lahore menyebabkan burung mengembangkan infeksi mata ini. Beberapa orang berpendapat bahwa gigitan nyamuk adalah penyebab penyakit ini. Semakin banyak orang yang Anda temui semakin banyak pendapat yang akan Anda dapatkan.

Saya telah melakukan banyak penelitian tentang penyakit khusus ini. Sekarang saya menyadari bahwa di atas semua alasan lain, stres adalah penyebab utama infeksi mata pada kekasih. Lovebirds lebih pemalu burung dan ketika Anda mengubah tempat mereka atau kandang mereka mengambil stres dan menjadi sakit. Karena stres, sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lemah dan karena kondisi cuaca panas dan perubahan lingkungan, mata mereka terinfeksi.

Jika Anda membeli beberapa burung baru di rumah atau memindahkan beberapa anak burung kekasih ke kandang terpisah, maka berikan mereka lingkungan yang bebas stres untuk bersantai. Letakkan sangkar burung di tempat yang tidak terlalu terganggu burung. Jangan terlalu sering mendekati kandang. Jauhkan kandang burung dari hewan peliharaan di rumah seperti kucing dan anjing. Tutupi kandang pada malam hari sehingga mereka bisa tidur nyenyak dan banyak istirahat.

Jika beberapa unggas Anda mengalami infeksi ini, cobalah untuk melakukan perawatan sedini mungkin. Infeksi mata pada tahap awal mudah disembuhkan. Tangkap burung Anda dengan jaring dan masukkan beberapa tetes mata ke matanya. Saya akan merekomendasikan Dexamethasone Phosphate dan Chloramphenicol di dalamnya. Masukkan satu tetes di setiap mata setidaknya dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Beberapa sejoli pulih dengan cepat dari perawatan ini sementara beberapa membutuhkan lebih banyak waktu. Teruskan pengobatan sampai kekasih Anda pulih sepenuhnya dari infeksi mata. Juga letakkan kotak sarang di dalam kandang untuk mengurangi tingkat stres secara keseluruhan. Burung yang kurang stres pulih dengan cepat dari penyakit ini. Jangan mengubah tempat kandang terlalu banyak dan memberi mereka lebih banyak privasi dan keamanan bagi mereka untuk hidup sehat dan bahagia.
Advertisement

Iklan Sidebar