Info Populer 2022

Tips Ternak Lovebirds dalam Kandang Koloni

Tips Ternak Lovebirds dalam Kandang Koloni
Tips Ternak Lovebirds dalam Kandang Koloni
Membiakkan Lovebirds adalah pengalaman yang menyenangkan dan juga hobi bagi sebagian besar pemelihara burung. Jika Anda berencana untuk membiakkan sejoli maka Anda memiliki dua pilihan, Anda bisa membiakkannya dalam kandang kecil dengan pasangan individu atau Anda dapat meletakkan semua kekasih Anda dalam satu kandang besar atau kandang burung dan membiakkan mereka secara kolektif dengan beberapa pasangan dan Anda dapat menyebutnya pengaturan koloni untuk membiakkan kekasih.

Membiakkan Lovebirds adalah pengalaman yang menyenangkan dan juga hobi bagi sebagian besar Tips Ternak Lovebirds dalam Kandang Koloni

Saya telah memelihara kekasih sejak masa kecil saya ketika saya masih kecil di sekolah. Saya pertama kali membeli kekasih ketika saya di kelas delapan dan itu adalah sepasang kekasih Fischer. Saya memiliki pengalaman menjaga sejoli baik sebagai pasangan tunggal di kandang individu maupun di koloni kecil empat pasang. Sejauh ini saya dapat mengatakan bahwa hasil pemuliaan yang saya capai di koloni jauh lebih baik daripada kandang individu.

Hasil pengembangbiakan di kandang individu maupun kandang burung sebagian besar tergantung pada jenis spesies yang Anda biakkan. Jenis kekasih yang paling umum seperti kekasih Fischer, Peach menghadapi kekasih dan kekasih Lovebird berkembang biak lebih baik ketika mereka disimpan dan dibesarkan dalam pengaturan koloni. Ini merujuk kembali pada naluri alami mereka untuk berkembang biak di alam liar dan perilaku ini direplikasi dalam penangkaran.

Spesies sejoli lainnya seperti sejoli Madagaskar, yang saya tidak punya pengalaman berkembang biak, adalah peternak yang lebih baik ketika disimpan dalam pasangan tunggal. Jadi, Anda harus sangat yakin spesies lovebird mana yang ingin Anda pertahankan dan pilih jenis kandang yang sesuai. Juga berapa banyak pasangan yang ingin Anda pertahankan juga merupakan faktor penentu dalam memilih jenis kandang yang harus Anda beli atau bangun sendiri.

Saya memiliki pengalaman membiakkan kekasih dalam berbagai ukuran kandang burung. Koloni pertama yang saya bangun untuk kekasih Fischer saya adalah koloni 4 kaki persegi dan saya memelihara empat pasangan pengembangbiakan di kandang itu. Hasil pemuliaan sangat baik dengan empat pasang dan masing-masing pasangan meningkatkan 4-5 anak ayam di setiap kopling. Tetapi ukuran kandang burung itu memiliki kelemahan karena sulit bagi saya untuk memeriksa burung-burung saya karena ketinggian kandang terlalu pendek.

Sekarang saya menggunakan ukuran kandang tinggi 4'x6'x7 'dengan sepuluh atau lebih pasangan dalam satu penerbangan besar. Ukuran kandang yang besar dengan lebih banyak burung memberi mereka rasa aman dan lingkungan yang bebas stres dan hasil pemuliaan yang lebih baik. Apa yang saya sadari sekarang adalah bahwa kedalaman dan ketinggian kandang burung lebih penting daripada bagian depan koloni. Semakin dalam sangkar semakin mereka fokus pada pemuliaan.

Lingkungan dan tempat koloni sangat penting bagi kesehatan dan pembiakan jangka panjangnya. Pastikan kandang burung terletak di tempat yang berventilasi baik di mana ada banyak udara yang masuk dan keluar dari koloni. Jangan letakkan koloni kekasih Anda di tempat di mana ada panas berlebih dan sinar matahari langsung di kandang burung terutama di negara-negara Asia Selatan di mana musim panas menjadi terlalu panas.

Koloni harus ditutup dengan baik dengan atap sehingga air hujan tidak masuk ke kotak atau pot pembiakan mereka karena Anda dapat mengambil risiko anak-anak ayam menjadi basah di air hujan. Atap harus di lereng agar air hujan tidak menumpuk di atas atap dan akibatnya masuk ke dalam kandang. Saya telah membuat lubang air di dasar koloni untuk drainase air jika ada air hujan masuk ke dalam koloni pembiakan dari samping.

Jaring kawat dengan jarak tidak lebih dari 1/2 inci sangat ideal untuk kekasih. Kawat harus cukup kuat sehingga kekasih mungkin tidak memotongnya dan terbang jauh karena mereka memiliki paruh yang sangat kuat dan mereka dapat memotong kabel yang tidak cukup kuat. Wire mesh lebih disukai daripada jeruji karena dengan itu mereka dapat memanjat dengan mudah. Kandang dengan warna yang lebih gelap memberikan pandangan yang lebih baik dari burung-burung di dalamnya.

Pastikan Anda membangun kandang burung yang mudah dibersihkan. Saya telah membuat pintu ganda di semua koloni saya, yang lebih kecil untuk menempatkan makanan dan piring air dan yang lebih besar adalah untuk membersihkan kandang dan inspeksi. Koloni-koloni dengan lebih banyak burung di dalamnya perlu dibersihkan secara teratur setidaknya sekali setiap minggu sehingga mungkin tidak ada infeksi bakteri dan virus pada unggas Anda.

Saya menutup semua koloni saya dengan kain hijau sehingga sinar matahari langsung tidak masuk ke dalam koloni di musim panas. Ini juga membantu menurunkan suhu di daerah sekitar koloni dan melindungi burung saya dari panas ekstra di siang hari. Ini memberikan rasa perlindungan dan keamanan yang meningkat untuk burung-burung saya dari pemangsa seperti elang dan kucing. Ini juga melindungi koloni dari angin dan hujan lebat.

Tongkat yang Anda letakkan di dalam sangkar harus dari berbagai ukuran dan bentuk untuk menjaga kaki mereka dalam kondisi yang baik. Tongkat harus sangat tebal sehingga bisa digenggam dengan kuat saat duduk. Jika Anda bisa, letakkan ranting pohon alami di kandang burung karena diameternya bervariasi dan bagus untuk kakinya. Juga mereka menyediakan lingkungan hidup alami untuk kekasih Anda. Tempatkan piring makanan dan air jauh dari tempat bertengger sehingga mereka mungkin tidak terkontaminasi dengan kotoran burung.

Kandang harus dibuat dari besi, baja atau bahan serupa dan tidak boleh terbuat dari kayu lunak. Burung Lovebird memiliki paruh yang sangat tajam dan mereka memiliki kebiasaan untuk menggerogoti apa saja dan semua yang ada di dalam kandang. Mereka dapat dengan mudah mengunyah kandang yang terbuat dari kayu dan bahan serupa dan Anda berisiko burung Anda mengunyah kandang dan terbang dalam waktu yang sangat singkat.

Saya membuat semua koloni saya dengan besi sudut dan dengan bingkai terpisah untuk setiap sisi. Saya memperbaikinya bersama dengan titik-titik pengelasan yang memberi mereka kekuatan ekstra dan mereka tidak bergerak. Semua kandang saya adalah tiga sisi dari kawat dan satu sisi dipasang dengan dinding. Saya dapat dengan mudah melepaskan bingkai dan memindahkan kandang ke beberapa lokasi lain kapan saja saya mau. Mengangkut kandang juga mudah karena setiap frame terpisah.

Jika Anda ingin membiakkan pasangan sejoli dalam pengaturan koloni pertama-tama tentukan jumlah burung dan jenis sejoli yang ingin Anda pertahankan. Kemudian pilih ukuran kandang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Dan akhirnya tentukan lokasi koloni sehingga kekasih Anda dapat hidup bahagia dan berkembang biak hingga potensi maksimalnya.
Advertisement

Iklan Sidebar