Info Populer 2022

Cara Orang tua Menawarkan Rasa Gembira Pada Anak yang Tepat Saat Belajar

Cara Orang tua Menawarkan Rasa Gembira Pada Anak yang Tepat Saat Belajar
Cara Orang tua Menawarkan Rasa Gembira Pada Anak yang Tepat Saat Belajar
 Cara Orangtua Menunjukkan Rasa Bangga pada Anak Cara Orangtua Menunjukkan Rasa Bangga pad Cara Orang tua Menawarkan Rasa Gembira Pada Anak yang Tepat Saat Belajar
Belajar

Rasa besar hati yang ditunjukkan pada anak bisa memengaruhi dan membentuk karakternya. Anak akan merasa dihargai usahanya dan termotivasi untuk terus melaksanakan hal-hal yang baik. Namun, harus diketahui, bahwa mengatakan rasa besar hati pada anak juga ada aturannya. Terlalu sedikit mengungkapkan rasa bangga, akan menciptakan anak merasa dirinya buruk. Sebaliknya, jikalau orangtua terlalu berlebihan dalam memuji anak, itu akan membangun sifat sombong dalam diri anak.

Hubungan antara orangtua dengan anak memengaruhi perkembangan emosional maupun mental anak. Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan anak ialah mengatakan rasa bangga. Orangtua bisa mengatakan rasa bangga dikala anak melaksanakan suatu kebaikan, keberanian, kerendahan hati, atau sikap faktual lainnya. Agar rasa besar hati yang diungkapkan tersampaikan dengan baik pada anak. Berikut cara mengatakan rasa besar hati pada anak yang sempurna dikutip  dari hellosehat.com.

1. Memuji anak atas pencapaian mereka

Jika anak telah melaksanakan sesuatu dengan bekerja keras, berlatih setiap hari, dan alhasil mendapat hasil yang baik, maka pada momen menyerupai inilah mereka berhak untuk mendapat pujian. Bukan hanya pada pencapaian yang besar, menyerupai berhasil mendapat juara kelas atau memenangkan sebuah perlombaan. Saat anak bisa menjaga kamarnya tetap bersih, merapikan kembali mainannya, atau selalu menghabiskan dan tidak pilih-pilih makanan juga perlu diberi pujian.

Lihat juga : Cara Mendidik Anak di Rumah Dengan Baik

2. Memberi mereka masukkan dan motivasi

Pujian yang orangtua berikan bukan hanya menurut hasil, tapi lihat juga bagaimana prosesnya. Dengan kebanggaan orangtua atas kerja kerasnya, anak akan menjadi lebih percaya diri pada kemampuan dirinya sendiri. Ini juga mengajarkan anak bahwa perlu perjuangan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Selain pujian, berikan juga mereka masukkan serta motivasi biar anak bisa melaksanakan sesuatu yang lebih baik lagi.

3. Melakukan sepantasnya dan tidak berlebihan

Saat mengungkapkan rasa besar hati pada anak, lisan yang ditunjukkan juga harus sesuai. Misalnya dengan mengatakan senyuman hangat disertai pelukan hangat atau usapan lembut pada rambut anak. Pujian dan kontak pribadi menyerupai ini sangat berkesan pada anak. Namun ingat kebanggaan yang orangtua berikan juga jangan berlebihan dan jangan hingga merendahkan anak lain. Jika berlebihan, kemungkinan besar anak akan selalu menuntut lebih dalam setiap keberhasilannya.

4. Mengajarkan menghargai perjuangan orang lain

Ingatkan anak bahwa pencapaian yang beliau lakukan dan kebanggaan yang beliau dapatkan dikala ini, juga melibatkan perjuangan orang lain yang membantunya. Hal ini akan menciptakan anak lebih menghargai orang lain. Selain itu, memberi pemahaman menyerupai ini juga akan menumbuhkan rasa rendah hati dan toleransi, sehingga beliau tidak bersikap sombong atau merasa dirinya lebih andal dari orang lain.
Advertisement

Iklan Sidebar