Info Populer 2022

Kandungan Dan Khasiat Buah Jambu Biji

Kandungan Dan Khasiat Buah Jambu Biji
Kandungan Dan Khasiat Buah Jambu Biji
 jambu biji dikenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Biji
Jambu biji mempunyai nama latin Psidium guajava dan termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Di beberapa tempat di Indonesia, jambu biji dikenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk. Nama jambu klutuk diberikan alasannya ialah ketika dimakan, bijinya keras berbunyi klutuk klutuk.

Buah jambu biji mempunyai rasa yang cantik meski ada juga yang rasanya sangat asam. Daging buahnya berwarna merah muda ada juga yang putih. Bijinya keras, sangat banyak dan kecil-kecil. Akan tetapi, kini ada varietas unggul dimana rasanya sangat cantik dan hampir tanpa biji.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji


Jambu biji sangat kaya vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji juga mengandung mineral menyerupai mangan dan magnesium, serta asam amino esensial menyerupai tryptophan. Juga fitokimia mempunyai kegunaan menyerupai asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.

Kandungan Gizi dalam 100 gram buah jambu biji.
Sumber: Intisari Online

Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji


Selain rasanya cantik dan menyegarkan, ternyata buah jambu biji juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dari jambu biji untuk kesehatan:

Menyembuhkan Infeksi

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi ketika menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan jawaban infeksi.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid menciptakan jambu biji mempunyai sifat antioksidan yang berpengaruh yang bisa menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah bisa menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat bisa mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

 Mengatasi Diabetes

Serat pektinnya bisa berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jambu biji juga sanggup menurunkan tekanan darah tinggi alasannya ialah kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.

Antiradang dan Antivirus

Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Senyawa flavonoidnya mempunyai kemampuan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus. 

Khasiat Lainnya

Menurut penelitian, daun jambu klutuk sanggup membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah. Sedangkan buahnya yang kerap dijus kemudian diberikan pada penderita demam berdarah tidak mempunyai kegunaan menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang jawaban penurunan trombosit.

Itulah klarifikasi mengenai manfaat dan khasiat serta kandungan nutrisi dalam jambu biji. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.
Advertisement

Iklan Sidebar