Info Populer 2022

Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan
Nanas atau nenas merupakan sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan
Nanas atau nenas merupakan sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas mempunyai nama latin Ananas comosus dan termasuk dalam famili Bromeliaceae.

Buah nanas mempunyai aroma yang sangat khas dan tajam dengan rasa adonan asam dan manis namun sangat menyegarkan lantaran kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain dikonsumsi dengan cara biasa, nanas juga diolah menjadi beberapa kuliner menyerupai jus nanas, manisan, hingga keripik nanas.

Selain bermanfaat sebagai materi makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai materi pengobatan alternatif serta perawatan kecantikan. Hal ini lantaran nanas mengandung banyak zat gizi dan senyawa yang diharapkan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas


Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.

Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram
Energi: 52 kal
Protein: 0,4 g
Lemak: 0,2 g
Fosfor: 11 mg
Zat Besi: 0,3 mg
Vitamin A: 130 IU
Serat: 0,4 g
Kalsium: 16 mg
Vitamin C: 24 mg
Karbohidrat: 13,7 g
Vitamin B1: 0,08 mg
Air: 85,3 g

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan


Tidak cuma yummy dimakan, buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan badan kita. Berikut ini beberapa khasiat nanas untuk kesehatan.

Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya bisa mencegah perembesan lemak di jalan masuk cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

Menurunkan Berat Badan

Enzim proteiolitik pada nanas menghambat perembesan lemak dalam jalan masuk pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

Mengobati Asam Urat

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya menciptakan nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi problem asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang lantaran kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat dan vitamin C pada nanas sanggup membantu sembelit dan menghambat perembesan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya bisa mencerna protein.

Mengatasi perut kembung

Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang bisa membantu memecah kuliner sehingga sanggup mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan sesudah operasi, mengobati pembengkakan hidung ketika mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Menguatkan tulang

Nanas juga salah satu buah yang terkenal untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalamnya diharapkan untuk membentuk struktur tulang semoga lebih padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.

Mencegah batuk akhir flu dan demam

Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, nanas bisa membantu memerangi virus penyebab flu. Sekalipun Anda sedang menderita flu, cukup efektif memanfaatkan nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga batuk lekas sembuh.

Menjaga kesehatan gigi

Khasiat buah nanas sanggup menjaga kesehatan gigi, ini lantaran buah nanas mengandung vitamin C yang sanggup membantu pencegahan plak pada gigi juga penyakit gusi.

Mengatasi sembelit

Sembelit sanggup disebabkan lantaran kurangnya kuliner berserat. Makanan yang mengandung serat sanggup berupa buah-buahan, salah satunya yaitu nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

Menguatkan kekebalan tubuh

Manfaat nanas yang satu ini bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah usang dikenal ampuh menguatkan kekebalan badan serta membantu badan mengatasi rasa lelah.

Menjaga kesehatan kulit

Buah nanas sanggup dipakai untuk mengatasi problem peradangan kulit. Caranya, ambil setengah potongan buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya kemudian parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok potongan kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan acara ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, gres dicuci.

Meski mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi dihentikan berlebihan dalam mengkonsumsi nanas. Karena nanas mengandung asam oskalat yang tinggi yang kalau dikonsumsi berlebihan sanggup memicu pembentukan kerikil ginjal. Selain itu, kandungan gulanya yang tinggi bisa berbahaya kalau dikonsumsi  berlebihan.
Advertisement

Iklan Sidebar