Info Populer 2022

Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan
Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan
Telinga Anda masih kurang bersahabat dengan tumbuhan Binahong Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan
Telinga Anda masih kurang bersahabat dengan tumbuhan Binahong? Jelas saja, memang di Indonesia masih sedikit orang yang melirik keistimewaan dari tumbuhan ini. Binahong yakni flora dari alam yang sanggup tumbuh dengan subur pada dataran tinggi ataupun dataran rendah. Nama latin dari tumbuhan ini yakni Bassela rubra linn.

Binahong yakni flora merambat yang konon diyakini berasal dari Korea, tapi lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam dikala berperang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sama 1970 an. Sementara di kawasan orang-orang yang bermata sipit, China, flora yang disapa dengan Dheng San Chi ini sudah dijadikan sebagai materi penambah nafsu makan.

Ketidaktenaran tumbuhan binahong mungkin sebab belum pernah diekspos lewat media yang membahas wacana kesehatan alami ataupun di surat-surat kabar. Tapi tahukah Anda, meski namanya tidak setenar flora lain, binahong banyak digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Bagian dari tumbuhan binahong yang biasa digunakan sebagai racikan obat yakni daunnya. Tetapi tidak sedikit juga para andal pengobatan alternatif yang memakai cuilan umbi dan batangnya sebagai materi utama pembuatan obat penyakit tertentu.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan


Menurut Soejiyo, salah satu mantan karyawan Kanindotex yang biasa hilir-mudik dari Solo - Semarang setiap kali bekerja. Dirinya menyampaikan bahwa daun binahong yakni herba sanggup mengembalikan stamina yang loyo. Makara tak heran kalau banyak obat berpengaruh yang terdiri dari banyak flora obat peningkat vitalitas laki-laki menyerupai binahong.

Selain berperan sebagai peningkat stamina, daun binahong juga bertanggung jawab untuk memulihkan luka dalam ataupun luar pasca operasi, terjangkit typus, mengobati sakit maag, radang usus dan ambeien. Bisa juga untuk mengobati pembekuan darah dan pembengkakan, meningkatkan sistem imun sehabis sakit, radang sendi, luka memar sebab terbentur, asam urat dan mencegah stroke.

Daun Binahong untuk pengobatan dalam

Anggap saja Anda menderita salah satu penyakit dalam menyerupai yang disebutkan diatas. Soejiyo telah menciptakan resep tersendiri untuk menciptakan obat penyembuhnya dari daun binahong.

Cara meracik obat dalam dari daun binahong:
  1. Petik umbi (rhizoma) secukupnya, kemudian basuh bersih.
  2. Rebus kedalam panci berisi 3 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa 2 gelas air.
  3. Tunggu hingga dingin, barulah minum airnya 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Resep obat tersebut sanggup digunakan untuk memulihkan luka sesudah operasi, penyakit maag, tipes, disenti, asam urat, sakit pinggang, disentri, mengembalikan kebugaran tubuh dan mencegah stroke.

Daun Binahong untuk pengobatan luar

Sementara untuk pemanfaat daun binahong sebagai obat penyakit luar, mungkin untuk menyembuhkan luka memar akhir terpukul, luka bakar, rematik, pegal linu, nyeri otot dan untuk perawatan kulit supaya halus, Anda sanggup menciptakan racikan obat dari panduan berikut yang juga telah dibentuk oleh Soejiyo.

Cara meracik obat penyakit luar dari daun binahong:
  1. Siapkan segenggam daun binahong, kemudian tumbuk halus.
  2. Balurkan daun binahong yang telah hancur pada permukaan kulit (bagian) yang sakit.
  3. Pastikan supaya luka tersebut tertutupi.

Cara meracik obat penyakit luar dari daun binahong lain:
  1. Campur rhizoma atau umbi tumbuhan binahong, kemudian rebus dengan materi lain menyerupai daun sirih dan temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk menyembuhkan rasa sakit pada jantung akhir terjadinya pembengkakan. 
  2. Selain itu juga sanggup digunakan untuk penyembuhan pembengkakan liver, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Khasiat Daun Binahong Lainnya


Berikut ini khasiat lain dari daun binahong untuk mengobati penyakit yang kategorinya berat ataupun ringan, begitu juga jenisnya penyakit luar maupun dalam.

Manfaat lain dari daun binahong:
Obat Batuk
 Muntah Darah
 Paru-paru bocor
 Kencing manis
 Borok akut
Obat Sesak nafas
 Darah rendah (hipotensi)
 Patah tulang
 Kulit gatal/eksim
 Gegar otak ringan/berat
 Mengobati Disentri/BAB
 Hidung mimisan
 Ambeien berdarah
 Luka akhir terbakar
 Kecelakaan/tergores benda tajam
Obat jerawat
 Usus bengkak
Penambah nafsu makan
 Gusi berdarah
Melancarkan haid
 Meningkatkan stamina tubuh sesudah beraktivitas
 Menghangatkan badan, dan
 Lemah syahwat

Ternyata aneka macam manfaat daun binahong untuk penyembuhan penyakit, semoga Anda sanggup membudidayakan tumbuhan ini dirumah sesudah tahu apa saja keunggulan dari flora ini.
Advertisement

Iklan Sidebar