Info Populer 2022

Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
Lengkuas atau laos yakni flora berjenis umbi Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Pengobatan
Lengkuas atau laos yakni flora berjenis umbi-umbian yang sanggup tumbuh subur pada tempat dataran tinggi ataupun dataran rendah. Sejatinya lengkuas dimanfaatkan oleh banyak orang menjadi bumbu kuliner ataupun obat tradisional. Lengkuas menyimpan banyak nutrisi yang bisa mengobati aneka macam penyakit.

Dalam hal bumbu masak, biasanya lengkuas diolah dengan cara awal dimemarkan rimpangnya kemudian dimasukan kedalam bumbu kuliner yang sudah tercampur dengan materi lain. Sementara untuk pengobatan, lengkuas yang paling sering dipakai yakni lengkuas merah atau Alpina purpurata K Schum.

Dikutip dari laman Stylecraze lengkuas mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Beberapa diantaranya yakni zat besi, sodium, vitamin A, vitamin C, antioksidan (flavonoid dan fitonutrien), beta-sitosterol, emodin, quercetin, dan galangin. Lengkuas juga menjadi sumber serat yang baik apabila diserap oleh tubuh.

Manfaat Lengkuas Sebagai Obat Tradisional


Dengar-dengar tumbuhan obat ini menyimpan khasiat yang melimpah. Apakah isu tersebut benar? Berikut ini fakta bekerjsama manfaat lengkuas sangatlah banyak.

Mengobati Sakit Perut

Salah menentukan kuliner bisa mengakibatkan sakit perut. Sebagai pola yakni junk food yang biasa dijual di pinggiran jalan, makanan-makanan tersebut lebih baik Anda hindari lantaran bisa saja si penjual tidak memikirkan kondisi kebersihan kuliner dan lingkungannya.

Berhubungan dengan sakit perut, lengkuas sanggup meringankan rasa sakit pada perut akhir peradangan atau penyakit lain. Ketika konsumsi kuliner yang dibumbui dengan lengkuas secara tidak sadar akan menciptakan Anda jadi lebih tenang.

Mencegah Mabuk

Apabila Anda tidak berpengaruh dengan AC kendaraan beroda empat atau mungkin Anda memang tidak bisa dibawa pergi jauh baik itu dengan kendaraan darat, bahari maupun udara lantaran gampang mual, bawalah kuliner yang bumbu masaknya terdapat lengkuas lantaran lengkuas bisa mengatasi mabuk perjalanan akhir mual.

Meremajakan Kulit

Selain bagus untuk pengobatan, ternyata dalam hal perawatan badan lengkuas juga ikut membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Keajaiban ini sanggup terjadi lantaran tak lepas dari kandungan antioksidannya yang terdiri dari 40 antioksidan, dimana masing-masing antioksidan saling melengkapi.

Mengeluarkan Racun

Di dalam badan terdapat racun yang cukup berisiko memicu gangguan kesehatan serius. Untuk mengeluarkan racun tersebut butuh proteksi dari kuliner yang menyehatkan. Disini nutrisi yang tertanam pada lengkuas akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun dan kehadiran antioksidan dari lengkuas juga bisa mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Buatlah jus dari lengkuas, tetapi jangan terlalu banyak airnya. Karena krim dari hasil blender lengkuas ini bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka pada kulit yang terbakar. Caranya dengan mengoleskan jus lengkuas, kemudian digosok-gosok memakai lengkuas utuh yang sudah dibersihkan pada bekas luka. Pengobatan ini sanggup Anda rutinkan hingga bekas luka memudar.

Dalam kurun waktu 6 hingga 12 ahad akan terlihat perbedaan di belahan kulit Anda yang terkena luka bakar. Oiya, lengkuas yang akan dijus pastikan masih segar dan warnanya tidak terlalu gelap.
Membuat Kulit Bersinar

Lengkuas bersifat sebagai antiseptik dalam badan yang membantu menghaluskan kulit dari dalam. Tumbuhan yang biasa dijadikan bumbu dapur ini juga bisa menciptakan kulit Anda tampak bersinar.

Obat Jerawat

Jerawat membandel ataupun bekasnya bisa dihilangkan dengan lengkuas, tetapi reaksi positifnya memang agak memakan waktu. Anda bisa menciptakan jus dari lengkuas menyerupai tadi, kemudian jadikan krim untuk wajah Anda. Jerawat akan hilang secara berangsur lantaran kuman penyebabnya akan terangkat oleh krim dari lengkuas.

Demikian manfaat lengkuas untuk kesehatan. Semoga Anda bisa memanfaatkan tumbuhan ini tidak hanya untuk bumbu masakan, tetapi juga sebagai obat tradisional dan perawatan kulit anggun alami.
Advertisement

Iklan Sidebar