Info Populer 2022

Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan
Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan
Daun sukun yakni daun yang berasal dari buah sukun Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan
Daun sukun yakni daun yang berasal dari buah sukun, warnanya hijau bau tanah dan terdapat garis tengah mirip batang dan cukup kaku bila ditekuk. Secara empiris, daun sukun banyak diolah untuk menjadi obat tradisional yang bisa menyembuhkan banyak penyakit kronis, misalnya dan paling umum yakni penyakit ginjal.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah sukun bisa menciptakan perut kenyang lantaran tinggi serat, tapi apakah Anda tahu ternyata pada daun sukun juga terdapat nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan badan kita? Beberapa diantara nutrisi penting pada daun sukun yakni zat asetilcolin, tanin, riboflavin dan asam hidrosianat.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan


Dengan rutin makan buahnya saja secara tidak eksklusif badan akan menyaring khasiat dari daging buah sukun yang mungkin digoreng ataupun direbus. Tetapi bagaimana akhirnya bila yang dikonsumsi yakni daun sukunnya? Atau paling tidak kita menyantap atau meminum sesuatu hasil olahan daun sukun.

Maka dari itu biar Anda tidak ragu memanfaatkan daun sukun sebagai pengobatan alternatif sederhana nan murah, berikut ini saya sajikan isu menarik terkait manfaat daun sukun sebagai obat aneka macam macam penyakit. Penasaran? Langsung saja dibaca.

Mengobati Penyakit Ginjal

Ginjal yakni sala satu organ vital dalam badan yang menjadi daerah berlangsungnya proses penyaringan darah sekaligus pembuangan racun dari dalam badan dengan menjadikannya urin. Pasti Anda sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi bila fungsi ginjal sudah tidak optimal lagi.

Maka dari itu biar ginjal tetap sehat atau mungkin Anda sudah terlanjur menderita sakit ginjal, segera obati dengan racikan daun sukun. Caranya bisa dengan konsumsi eksklusif atau merebusnya dan minum air hasil rebusan daun sukun secara rutin hingga rasa sakit pada ginjal berkurang.

Mengobati Penyakit Jantung

Orang-orang lansia pada umumnya rentan terkena serangan penyakit jantung, oleh lantaran itu butuh langkah pencegahan sedini mungkin biar tidak berujung fatal.

Untuk menjaga kesehatan jantung Anda harus rutin melaksanakan perawatan alternatif dengan daun sukun. Cara memakai daun sukun untuk menyehatkan jantung sekaligus mengobati serangan jantung yakni dengan merebus 1 lembar daun sukun yang sudah bau tanah dan telah dikeringkan dengan cara dijemur kedalam 5 gelas air hingga mendidih dan air yang berada dalam panci tersisa setengahnya (2/5 gelas). Tuangkan lagi 5 gelas air, kemudian saring dan minum airnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam badan terdapat dua jenis kolesterol, yang pertama yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Apabila kadar kolesterol jahat bertumpuk dalam tubuh, otomatis badan akan terguncang dengan gangguan kesehatan.

Untuk mengangani problem tersebut Anda bisa memakai daun sukun juga. Langkah pengobatannya diawali dengan menjemur segenggam daun sukun hingga benar-benar kering. Setelah itu seduh dalam segelas air panas. Saring air yang tadi dipakai untuk menyeduh daun sukun kering, kemudian minum hingga habis setiap hari.

Mencegah Penyakit Kanker

Banyak yang mengklaim bahwa kanker yakni penyakit yang berujung pada kematian. Ya, bila melihat sepak terjang kanker yang menggerogoti penderitanya tetap berakhir pada kematian, maka dari itu Anda harus benar-benar menjaga badan biar tidak terjangkit penyakit mengerikan ini.

Untuk mencegah sel-sel kanker tumbuh kembang, Anda bisa memanfaatkan daun sukun. Siapkan 1 lembar daun sukun yang sudah bau tanah tapi masih melekat di pohon, bersihkan pakai air dan rebus kedalam 5 gelas air. Tunggu mendidih dan tambahkan lagi airnya 5 gelas, tunggu mendidih lagi. Jika sudah tuangkan lagi 5 gelas air, dan bila sudah mendidih pada ketiga kalinya. Saring air dan minum air hasil rebusan sehari 3 kali masing-masing 1 gelas.

Demikian manfaat daun sukun sebagai materi obat tradisiona untuk menyembuhkan penyakit kronis. Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan gampang oleh kandungan kimia dalam tanaman ini yakni diabetes, hipertensi dan asam urat.
Advertisement

Iklan Sidebar