Info Populer 2022

Kenali Penyebab sakit perut sebelah kiri dan atasi sesuai penyebabnya

Kenali Penyebab sakit perut sebelah kiri dan atasi sesuai penyebabnya
Kenali Penyebab sakit perut sebelah kiri dan atasi sesuai penyebabnya
Sakit perut memang sebuah penyakit yang sering kali dialami oleh banyak orang, dan yang paling banyak dikeluhkan adalah sakit perut sebelah kiri. memang keadaan sakit perut sebelah kiri seringkali identik dengan penyakit magh atau dalam bahasa medisnya gastritis.

banyak sekali orang yang datang berobat kerumah sakit ataupun ke klinik dengan keluhan sakit perut sebelah kiri, dan memang setelah mendapat pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, diagnosa yang paling banyak muncul adalah gastritis.

Penyebab sakit perut sebelah kiri
namun tahukah kalian bahwa tidak semua sakit perut sebelah kiri disebabkan oleh gastritis, karena yang hanya muncul diagnosa gastritis apabila sakit perut yang dirasakan adalah sebelah sakit perut sebelah kiri bagian atas. dan tidak untuk sakit perut sebelah kiri bawah. itupun hanya salah satu penyebab dari sekian banyak penyakit pencetus sakit perut sebelah kiri.

adapun beberapa keadaan atau penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut ialah sebagai berikut :

Penyebab sakit perut  sebelah kiri

1. Cedera.

Cedera merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas dan bagian bawah. adapun cedera yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, ialah seperti terjatuh atau terhantam benda tumpul, yang menyebabkan cedera pada otot perut akibat tekanan yang cukup keras, adanya cedera pada jaringan penunjang sekitar perut berupa ligamen atau tendon sekitarnya, dan Adanya tekanan yang cukup keras pada tulang panggul yang menyebabkan nyeri alih ke arah perut kiri.


2. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal merupakan salah satu penyebab Sakit perut sebelah kiri bawah. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga bisa dirasakan bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.


3. Batu Ginjal

Pada waktu batu ginjal masih berukuran kecil memang belum ada gejala apapun, namun pada saat batu ginjal sudah besar dan melebihi diameter saluran ureter. batu ginjal yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka. Gejala batu ginjal yang bisa muncul apabila batu bergesekan dengan ureter di antaranya adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan yang dapat disertai mual.

Dengan demikian salah satu gejala yang timbul dari batu ginjal ialah sakit perut bagian bawah dan samping. sehingga batu ginjal merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri.


4. Tinja yang mengeras atau sembelit

salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas ialah tinja mengeras atau impaksi tinja. hal ini disebabkan karena adanya tinja yang mengering dan mengeras, sehingga kotoran atau tinja menumpuk pada bagian kolon. tentulah dengan keadaan ini dengan waktu berhari - hari akan menyebabkan perasaan tidak nyaman pada perut atau sakit perut pada sebelah kiri bagian atas.


5. usus besar yang robek / peradangan usus besar

Peradangan yang terjadi pada usus besar dapat memengaruhi pergerakan normal usus besar, sehingga menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman pada bagian perut sebelah kiri atas berdasarkan letak usus besar.


6. Gastritis

Gastritis adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Gastritis dapat terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau dapat terjadi perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik setelah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh setelah makan.


7 Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan pada divertikula yaitu kantung kecil membuncit yang dapat terbentuk di lapisan sistem pencernaan. Kantung ini paling sering ditemukan di bagian bawah usus besar.

Divertikulitis dapat menyebabkan sakit perut parah yang konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri atas dan bawah, tapi dapat terjadi di sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri atas dan bawah, divertikulitis juga dapat menyebabkan bengkak di perut kiri bawah, demam, mual, dan perubahan besar pada kebiasaan buang air besar Anda (diare berdarah sporadik).


8. Kehamilan Ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak dapat menjadi akibat dari kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam di luar rahim, biasanya di dalam saluran yang menghubungkan rahim dan indung telur alias tuba falopi. Kehamilan ini tergolong kehamilan tak layak yang berisiko tinggi, dan menyebabkan gejala nyeri di sisi di mana kehamilan terjadi, Rasa sakit terjadi pada perut bagian bawah, punggung bawah, dan panggul. Selain itu, mungkin diikuti mual, perdarahan vagina abnormal, dan nyeri payudara. Ketika ada kekhawatiran kehamilan ektopik, perhatian medis dibenarkan.


9. Angina

Angina adalah istilah yang digunakan untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina adalah gejala dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai sensasi seperti dada diremas, atau tekanan, berat, sesak atau sakit di dada. Angina, juga disebut angina pectoris, bisa menjadi masalah yang berulang atau tiba-tiba.

Gejala angina yang dimiliki wanita dapat berbeda dari gejala angina klasik. Misalnya, perempuan akan lebih sering menunjukkan gejala seperti mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin merasakan ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yang terasa menusuk bukan menekan dada yang umum. Perbedaan ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam mencari pengobatan.

Angina relatif umum tetapi bisa sulit untuk membedakan dari nyeri dada lainnya, seperti rasa sakit perut sebelah kiri atas atau ketidaknyamanan dari gangguan pencernaan. Jika Anda memiliki nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan, cari pertolongan medis segera.


10. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang bertumbuh di dalam atau permukaan ovarium. Wanita memiliki satu pasang ovarium. masing-masing berukuran sebesar kacang almond  yang terletak di setiap sisi rahim. Banyak wanita memiliki kista indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit menghasilkan, atau tidak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista ovarium, terutama yang telah pecah, kadang menghasilkan gejala serius seperti sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yang parah dan menyerang tiba-tiba tiba-tiba, perut yang parah, atau rasa sakit yang disertai demam atau muntah. Gejala umum yang mewakili syok seperti panas dingin, kulit lembab; napas cepat; dan kepala pusing terasa berkunang-kunang atau kelemahan yang menunjukkan keadaan darurat dan memerlukan perhatian medis segera.


11. Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.


12.Ulcerative Colitis

Ulcerative Colitis (UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala dan keluhan yang paling sering dilaporkan adalah sakit perut dan diare, feses berdarah dan berlendir. Buang air besar dapat menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala lain yang ditimbulkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam.

UC dapat melemahkan dan kadang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Meskipun tidak diketahui obatnya, pengobatan dapat sangat mengurangi tanda dan gejala penyakit, dan bahkan membawa remisi jangka panjang.


13. Radang pankreas / Pankreatitis akut

Pankreatitis akut adalah peradangan yang menyakitkan dari pankreas, yang terletak di sisi kiri atas perut.keluhan biasa terjadi mendadak dan menyebabkan nyeri tumpul hebat (rasa sakit seperti ditekan atau diremas) di sekitar bagian perut atas. Nyeri ini bisa bertambah buruk dan menjalar sepanjang punggung hingga bagian bawah tulang belikat kiri.

Jadi jangan pernah anggap remeh sakit perut sebelah kiri. karena sakit perut sebelah kiri banyak sekali penyebabnya. dari yang penyakit yang tidak berbahaya hingga yang sangat berbahaya. penanganan sakit perut sebelah kiri harus disesuaikan dengan penyebabnya.

untuk penanganan awal pada sakit perut sebelah kiri dapat dilakukan kiat berikut ini :

  • hentikan aktivitas dan berbaring hingga sakit perut sebelah kiri berkurang
  • berikan kompresan air hangat sambil berbaring
  • minumlah air putih (hangat kuku) secara perlahan
  • hindari makanan dan minuman yang dapat memperparah keadaan seperti, kopi, teh, makanan pedas dan makanan bersantan.
  • hindari juga obat anti nyeri yang mengandung zat asam
Apabila telah melakukan kiat diatas dan mencoba minum obat sakit perut dan obat maag, tetapi dalam beberapa hari tidak kunjung reda sakit perut nya. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyebab sakit perut sebelah kiri yang sedang diderita.
Advertisement

Iklan Sidebar