Info Populer 2022

Cara Menjadi Individu yang Penuh Inovasi

Cara Menjadi Individu yang Penuh Inovasi
Cara Menjadi Individu yang Penuh Inovasi
Di era teknologi yang serba kompetitif, seseorang perlu terus berinovasi untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. Apa pun pekerjaan kamu, profesi kamu. Baik karyawan, pebisnis maupun pekerja lepas, kamu perlu melakukan inovasi. Bagaimana menjadi individu yang penuh inovasi?

 seseorang perlu terus berinovasi untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman Cara Menjadi Individu yang Penuh Inovasi

1. Tingkatkan kemauan untuk mencari tahu


“Kemampuan untuk berinovasi bukanlah hal yang kita bawa sejak lahir. Kemampuan itu tercipta dari kemauan kita untuk mencari tahu, ” ungkap Danny Oei Wirianto, CMO PT. Global Digital Prima (GDP) Venture dalam buku yang ditulisnya, Think Fresh! (2018).

Tanpa melakukan inovasi, kamu akan terjebak pada keadaan yang tidak membuatmu tumbuh dan berkembang. Yang bisa membawamu sejauh dan setinggi yang kamu inginkan adalah rasa ingin tahu. Jika kamu merasa tak perlu mencari tahu lagi, maka di sanalah kamu akan merasa mentok.

Inovasi bisa lahir dari rasa penasaran. Memelihara rasa penasaran akan membawamu ke dunia yang mungkin tidak kamu bayangkan sebelumnya. Rasa penasaran akan mengantarkanmu belajar hal-hal baru yang mungkin tidak pernah kamu lakukan.

2. Menjadi orang “gila”


Bermain di zona aman tidak akan membawamu ke mana-mana. “Orang-orang ‘gila’ yang sukses biasanya penasaran terhadap hal-hal baru. Mereka berani tampil beda, tidak selalu berpatok pada peraturan, dan berani melangkah ke luar zona amannya untuk mencoba hal-hal baru,” jelas Danny.

Dengan menjadi orang yang berani mencoba hal baru, otak kamu akan terpicu untuk selalu berpikir berbeda, pikiran yang berbeda ini bisa membuatmu menciptakan inovasi yang membuatmu bisa mendobrak kesuksesan.

3. Belajar dari orang lain, buku dan internet


Bagaimana mendorong lahirnya inovasi? Ada banyak sumber di luar dirimu yang bisa menuntunmu berinovasi Temuilah orang yang lebih pintar darimu dan belajarlah dari pengalamannya, terutama dari kegagalannya. Kamu akan mendapatkan pandangan-pandangan yang menyegarkan.

Selain itu, kamu juga bisa belajar dari buku dan internet. Buku dan internet bisa memperkaya pikiranmu dan membuatmu bisa melahirkan ide-ide baru. Bahkan dari media sosial pun kamu juga bisa mendapatkan inpsirasi yang pada akhirnya menuntunmu melakukan inovasi.

4. Memodifikasi ide dan imajinasi


Kamu sudah terbiasa melakukan pekerjaanmu dengan cara yang lama dan hasilnya tetap kurang memuaskan? Mungkin ide-ide lamamu itu perlu dimodifikasi. Coba cari cara baru yang bisa membuat ide lamamu itu berkembang lebih baik. Jangan lupa berimajinasi.

Tidak perlu menjadi seniman atau pengarang untuk berimajinasi. Apa pun profesi dan pekerjaanmu, jadilah orang yang kaya dengan imajinasi. Dengan berimajinasi, kamu bisa menghubungkan hal-hal yang berkaitan di sekitarmu, menjadi sebuah ide baru yang luar biasa.

5. Boxless


“Banyak orang mengatakan ‘think outside of the box’. Pada kenyataannya, tidak ada kotak dalam hidup kita. Jadi, kenapa kita harus membatasi diri dengan kotak?” kamu tidak hanya harus berpikir di luar kotak, tapi bayangkan bahwa kotak itu tidak ada. Atau bahkan hancurkan kotak itu. Dengan berpikir melampaui di luar kotak, kreativitasmu akan jauh lebih terasah.
Advertisement

Iklan Sidebar