Info Populer 2022

Tanda Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Baik

Tanda Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Baik
Tanda Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Baik
Kecerdasan emosional adalah “sesuatu” dalam diri kita yang tidak berwujud dan berkaitan dengan cara kita mengelola perilaku. Sifat ini sulit untuk diukur, sehingga kita bisa kesulitan untuk memperbaikinya jika ada yang kurang. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kamu memiliki EQ yang tinggi.

 dalam diri kita yang tidak berwujud dan berkaitan dengan cara kita mengelola perilaku Tanda Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Baik

1. Kamu bisa mengidentifikasikan emosi


Semua orang memiliki emosi. Namun, emosi yang tidak dilabeli dan sering salah dipahami, akan mengarah pada pilihan irasional dan tindakan kontraproduktif. Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi tidak hanya mampu menguasai emosi mereka karena mereka memahaminya, tapi mereka juga kosakata yang luas untuk menggambarkan perasaannya.

Ketika merasa buruk, orang yang cerdas secara emosional dapat menentukan secara spesifik apakah mereka merasa mudah marah, frustrasi, atau cemas. Semakin spesifik pilihan kata kamu, semakin baik wawasan yang kamu miliki tentang bagaimana perasaanmu. Dengan begitu, ketika perasaan itu muncul kamu tahu apa penyebabnya dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya.

2. Memiliki rasa ingin tahu tentang orang lain


Tidak masalah jika mereka introvert atau ekstrovert, orang yang cerdas secara emosional punya rasa ingin tahu tentang orang-orang yang ada di sekitar mereka. Keingintahuan ini adalah hasil dari empati, yang merupakan salah satu gerbang paling signifikan menuju EQ yang tinggi. Semakin kamu peduli dengan orang lain dan apa yang mereka alami, semakin kamu ingin tahu tentang mereka.

3. Menerima perubahan


Orang yang cerdas secara emosional memiliki sifat fleksibel dan selalu beradaptasi. Mereka tahu bahwa rasa takut akan perubahan itu melumpuhkan dan merupakan ancaman besar bagi kesuksesan mereka. Jika terjadi perubahan, mereka tahu aksi apa yang harus mereka lakukan.

4. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri


Orang yang cerdas secara emosi tidak hanya memahami emosi, mereka tahu apa yang mereka kuasai. Mereka juga tahu apa yang menjadi kelemahan mereka. Memiliki EQ yang tinggi berarti kamu tahu kekuatanmu dan cara menggunakannya.

5. Kamu adalah penilai karakter yang baik


Sebagian besar kecerdasan emosi bermuara pada kesadaran sosial, kemampuan untuk membaca orang lain, dan memahami apa yang mereka alami. Seiring berjalannya waktu, keterampilan ini membuat kamu menjadi penilai karakter yang luar biasa. Orang lain bukan lagi sebuah misteri bagimu. Kamu tahu tentang mereka hingga perasaan-perasaan yang mereka sembunyikan.
Advertisement

Iklan Sidebar