Info Populer 2022

Wajib Baca! Inilah 7 Tips Mudik Lebaran Supaya Aman dan Nyaman

Wajib Baca! Inilah 7 Tips Mudik Lebaran Supaya Aman dan Nyaman
Wajib Baca! Inilah 7 Tips Mudik Lebaran Supaya Aman dan Nyaman
Wajib Baca! Inilah 7 Tips Mudik Lebaran Supaya Aman dan Nyaman - Beberapa hari lagi kita akan melaksanakan idul fitri atau hari raya umat muslim. Kita biasanya menyebut idul fitri dengan kata lebaran. Orang-orang yang berada bukan di daerah asalnya, biasanya akan pulang kampung atau mudik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta.

Tapi tak sedikit orang yang tau bahwa saat mudik keselamatan adalah nomor satu. Kita harus ingat bahwa ada keluarga kita yang menanti dikampung halaman kita. Banyak juga yang mengalami kecelakaan saat mudik, entah karena kecapean atau faktor lain.

Untuk kalian yang akan mudik nanti, sebaiknya cari tau tips-tips mudik lebaran supaya aman dan nyaman saat diperjalanan. Terutama untuk pengguna sepeda motor yang rentan sekali kecelakaan karena kelelahan. Ditambah jika perjalanan mudiknya cukup jauh, tentu kondisi badan harus fit.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk yang ingin mudik lebaran supaya aman dan nyaman saat diperjalanan..



TIPS MUDIK LEBARAN


Sebelum kamu mudik lebaran ke kampung halaman, sebaiknya baca terlebih dahulu beberapa tips yang akan membantu mudikmu menjadi lebih nyaman dan aman. Berikut adalah beberapa tips mudik lebaran supaya aman dan nyaman :

1. Tentukan kendaraan yang akan kamu gunakan

Sebelum kamu mudik, tentukan terlebih dahulu kendaraan yang akan kamu gunakan. Entah itu motor ataupun mobil. Pilih kendaraan yang sekiranya pas dengan bawaan kamu. Jika barang bawaan yang kamu bawa sedikit, kamu bisa menggunakan motor. Tapi jika barang bawaan kamu banyak, mobil adalah solusinya.

Jika kamu mudik menggunakan motor kamu bisa baca Tips mudik dengan motor. Karena mudik menggunakan motor sangatlah beresiko, jadi silahkan baca tips mudik dengan motor diatas. Dengan kamu mengetahui tips-tipsnya, maka bisa memperkecil kemungkinan kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.



2. Periksa kondisi kendaraan

Setelah kamu menentukan kendaraan apa yang akan kamu gunakan, selanjutnya adalah cek kondisi kendaraan. Pastikan sebelum kamu gunakan mudik, kendaraanmu dalam keadaan baik. Hal ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika kendaraanmu tidak dalam kondisi yang baik, kamu bisa men-servisnya dengan membawa ke bengkel resmi kendaraanmu. Jika kondisi kendaraan sudah baik, saatnya kamu mudik dengan aman dan nyaman, asikkk.....



3. Persiapkan barang bawaan

Setelah kondisi kendaraan yang akan kamu gunakan mudik sudah baik, saatnya kamu mempersiapkan barang bawaan. Apa saja barang bawaan yang wajib dibawa saat mudik? Berikut barang yang wajib dibawa saat mudik :

A. Barang Pribadi

Barang pribadi seperti baju, makanan, atau sebagainya adalah barang yang wajib kamu bawa. Tidak perlu diberi tahu pun sepertinya kamu sudah paham, karena kita akan menginap di kampung halaman, tentunya kita harus membawa baju ganti dan lain-lain.



B. Alat otomotif

Yang satu ini ternyata sangat penting loh, alat otomotif seperti kunci , obeng, ban serep dan sebagainya harus kamu bawa untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat tengah diperjalanan mudik.



C. Obat-obatan pribadi

Obat-obatan pribadi pun sangat penting untuk kamu bawa saat mudik. Apalagi jika kamu punya riwayat penyakit yang diharuskan meminum obat tertentu. Jangan sampai tertinggal yah obat-obatan pribadinya.



4. Periksa surat kendaraan

Bagi kamu yang akan mudik lebaran, sebaiknya cek surat kendaraanmu apakah sudah lengkap atau belum? dan apakah masih berlaku atau sudah hangus? Dengan kamu memeriksa surat kendaraanmu, maka perjalanan mudikmu akan semakin nyaman.




5. Jangan begadang malamnya!

Saat esok hari kamu akan mudik, jangan sampai kamu malah begadang karena hal itu bisa mengganggu perjalanan mudikmu. Usahakan cukup tidur saat akan mudik, apalagi perjalanan mudikmu sangat jauh, tentu perlu kondisi tubuh yang fit.

Ketika kamu begadang, kamu akan merasa ngantuk saat diperjalanan dan itu sangat berbahaya bagi kamu dan yang lain!. Tetap utamakan keselamatan ya, ingat keluargamu sedang menunggu kamu dikampung halaman.




6. Berhenti ketika merasa lelah

Ketika dalam perjalanan mudik kamu merasa sangat lelah, sebaiknya beristirahat. Jangan dipaksakan melanjutkan perjalanan, karena bisa-bisa focus kamu berkurang dan bisa berbahaya bagi kamu dan keluargamu.

Kamu bisa beristirahat sebentar di Rest Area, atau masjid untuk sekalian shalat (bagi yang muslim). Tetap perhatikan kondisi tubuhmu, jangan sampai dipaksakan dan mengancam keselamatan kamu dan keluargamu.




7. Jangan mudik mepet lebaran

Tips terakhir kali ini adalah jangan mudik mepet lebaran, karena resiko terjebak macet sangat besar. Kamu bisa mudik jauh-jauh hari supaya jalanan tidak terlalu padat. Selain terbebas dari macet, mudik pada jauh-jauh hari juga bisa membuatmu menjadi lebih santai alias tidak ngebut.




 Tips Mudik Lebaran Supaya Aman dan Nyaman Wajib Baca! Inilah 7 Tips Mudik Lebaran Supaya Aman dan Nyaman


PENUTUP


Itulah beberapa tips sebelum mudik yang bisa kamu praktekan saat akan mudik nanti. Semoga tips diatas bermanfaat bagi kamu sehingga perjalanan mudikmu menjadi lebih nyaman dan aman tentunya. Selamat berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman, salam hangat buat mereka dari saya penulis anak serba tau ;).

Terima kasih sudah mampir diblog saya, silahkan share artikel ini supaya teman dan kerabatmu juga bisa nyaman saat mudik lebaran.

Good luck!
Advertisement

Iklan Sidebar