Info Populer 2022

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang
Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang
Tips kali ini perihal penyebab dan cara mengatasi laptop/PC lemot atau lambat tanpa perlu install ulang. Sebetulnya untuk mengatasi problem laptop/komputer lambat atau lelet itu ada beberapa langkah tune-up sederhana yang sanggup dilakukan.

Sebagai pengguna laptop atau notebook yang aktif, tentu akan merasa kesal bila laptop yang dipakai tiba-tiba lemot. Terlebih bila sedang terburu-buru menuntaskan suatu pekerjaan, contohnya menciptakan skripsi dadakan, deadline kantor, sekolah dan lainnya.

Ditambah dengan problem jadwal penyelesaian kiprah tersebut harus diselesaikan secepat mungkin. Sementara kondisi laptop/pc yang dipakai begitu lambat alias lemotnya minta ampun.

Laptop lemot memang sering menghambat dalam menuntaskan tugas, juga seringkali mengganggu kegiatan lain ibarat bermain game dan saat-saat browsing atau internetan. Bahkan parahnya lagi, lantaran kondisi laptop/komputer lemot yang sudah akut, dampak selanjutnya ialah laptop sering not responding, loadingnya usang sampe hang.
 Sebetulnya untuk mengatasi problem laptop Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Penyebab dan cara mengatasi laptop lemot

Berikut ini beberapa penyebab laptop atau komputer menjadi lambat/lemot, serta cara mengatasinya tanpa perlu install ulang. Cara ini sanggup Anda lakukan pada Windows apapun. Mulai dari Windows 7, Windows 8, 8.1 dan Windows 10.

Laptop lambat lantaran kapasitas RAM yang kecil

Penebab utama dan yang paling mungkin menimbulkan laptop/PC menjadi lemot ialah lantaran kecilnya kapasitas RAM yang terpasang pada perangkat komputer. Apalagi bila laptop tersebut dijalankan aplikasi yang tidak mengecewakan berat, membutuhkan resource yang tinggi. Maka terperinci akan menciptakan laptop menjadi lambat aliast ngelag.

Cara mengatasinya:
Jika laptop atau koputer Anda lemot sering ngelag atau crash ketika menjalankan beberapa jadwal dalam satu waktu, maka perlu menambah kapasitas RAM pada laptop tersebut. Sehingga jadwal yang dijalanakan akan menerima space resource yang mumpuni.

Dengan demikian proses multitasking (menterjemahkan) dalam laptop/PC akan semakin enteng, jauh lebih cepat dari sebelumnya. Minimal Anda menambahkan RAM berkapasitas 4GB lagi pada slot yang tersisa di laptop atau PC Anda.

Laptop lemot lantaran terlalu banyaknya jadwal software yang diinstall

Menginstal jadwal berupa aplikasi atau game itu sanggup saja. Hanya saja jangan terlalu banyak. Dalam hal ini, jadwal yang diinstal harus benar-benar di seleksi terlebih dahulu, mana yang sering dibutuhkan, mana yang hanya sesekali dibutuhkan dan mana pula yang tidak penting.

Program atau palikasi yang tidak begitu penting ibarat laucher (pengatur tampilan shortcut pada desktop), alasannya hanya membebani RAM. Dan kesannya malah menciptakan laptop lemot dan ngelag ketika digunakan.

Cara mengatasinya:
Untuk mengatasi laptop lemot yang diakibatkan oleh banyaknya jadwal yang diinstal, maka periksa kembali jadwal yang terinstal pada laptop atau komputer Anda, melalui Setting > Apps, untuh pengguna Windows 10. Pergi ke Control Panel untuk pengguna Windows 7 dan 8.

Laptop lambat disebabkan oleh banyaknya startup programs dan service yang berjalan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Karena banyaknya aplikasi yang diinstal, maka akan semakin banyak pula startup jadwal yang berjalan secara bersamaan, yang terkadang beberapa jadwal berjalan secara otomati sejan Anda menghidupkan PC atau laptop.

Cara mengatasinya:
Anda hanya perlu menonaktifkan startup yang tidak diharapkan tersebut melalu Task Manager kemudian pilih Start-up. Adapun untuk masuk ke Task Manager caranya ialah:

#Cara 1: Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard > pilih Task Manager > More Details > Start-Up.

#Cara 2: Tekan tombol Windows + R > ketikkan msconfig > kemudian pada System Configuration pilih Startup.

Setelah itu silahkan pilih jadwal (aplikasi atau software yang pernah diinstal sebelumnya) yang belum ingin Anda gunakan ketika sementara memakai laptop tersebut.

Klik kanan pada jadwal tersebut, kemudian pilih Disable.

Laptop lambat lantaran terinfeksi virus, malware dan spyware

Factor utama sehabis problem pada hardware (RAM dan storage) yang menimbulkan laptop/komputer lambat ialah device tersebut terkena virus dan malware serta spyware. Bagaimana tidak, alasannya program-program virus, malware dan sejenisnya cenderung menggerus resource komputer, sehingga datang pada titik-titik tertentu laptop akan mulan nge-lag bahkan hang.

Cara mengatasinya:
Jalankan Windows Safe Mode, matikan kemudahan system restore dan gunakanlah jadwal Virus Cleaner ibarat contohnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan jangan pernah pula update sistem operasi yang digunakan.

Laptop lambat lantaran jadwal Anti Virus

Pasti Anda bertanya-tanya, bukankah Anti Virus itu tugasnya untuk membasmi virus, malware dan sebagainya? Memang betul tugasnya demikian. Namun perlu diketahui bahwa jadwal Anti Virus itu lama-lama akan menjadi virus untuk laptop atau PC Anda, menciptakan hardware overheat, mengambil sebagian besar resource pada RAM, mengganggu ketika bekerja, menganggap virus kepada jadwal yang bukan virus dan lain sebagainya.

Bagaimana mungkin? Mungkin saja, bila anti virus yang Anda banggakan tersebut berada dalam kondisi berikut:

  • Anti virus yang dipakai yakni versi FREE, yang bahkan berbayar pun sama saja.
  • Anti virus yang dipakai tidak pernah di update.
  • Anti virus yang dipakai lebih dari satu.

Cara mengatasinya:
Berdasarkan pengalaman pribadi, saya tidak pernah memakai anti virus apapun pada setiap laptop dan PC. Makara yang hendak saya sarankan ialah, copot atau uninstall jadwal anti virus di laptop Anda itu. Lalu bersihkan source jadwal sampai keakar-akarnya melalui Registry Editor, dengan cara:

Tekan tombol Win+R kemudian ketikkan regedit sehabis itu tekan lagi Ctrl+F pada keyboard. Pada kolom yang ditampilkan silahkan ketikkan nama anti virus yang gres saja anda uninstall tadi.

Lalu tekan tombol Find next, jika source file yang Anda cari ditemukan, silahkan dihapus dengan menekan tombol Delete pada keyboard. Untuk melanjutkan, tinggal tekan lagi Find next atau dengan menekan tombol F3 pada keywboard.

Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi PC dan Laptop Mati Sendiri

Laptop/komputer lambat lantaran File Temporary yang telah menumpuk

Perlu diketahui bahwa ketika melaksanakan instalasi Windows, bergotong-royong system komputer juga menginstal beberapa file dengan maksud tertentu yang bergotong-royong tidak dibutuhkan, yang biasa dinamakan dengan temprorary files. Nah, file-file inilah yang harusnya di remove atau di hapus saja pada device Anda.

Begitu juga file-file hasil delete yang menumpuk di Recycle bin, harus dibersihkan secara berkala.

Cara mengatasinya:
Agar Anda tidak repot-repot ngeceknya di registry editor, gunakanlah aplikasi/software CCleaner untuk mengatasi hal tersebut.

Sebetulnya fungsinya hampir sama dengan tools bawaan Windows berjulukan Disk Cleanup, akan tetapi fitur pada CCleaner lebih lengkap dari tools tersebut.

Demikian ulasan perihal penyebab dan cara mengatasi laptop atau komputer lambat tanpa perlu install ulang Windows. Kemungkinan ada beberapa hal yang belum saya tuliskan di atas, sanggup Anda bagi melalui kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat, terima kasih!
Advertisement

Iklan Sidebar